Friday, December 12, 2008

Writing Tips untuk David Khoirul


Dear David,

Saya bingung juga kalau ditanya apa writing tips dari saya. Saya kurang tahu persis bagaimana harus menulis tips untuk penulisan. Pastinya banyak sekali. Banyak banget. Mulai dari hal sederhana hingga teknik yang njelimet. Mulai dari tata bahasa, logika hingga bridging dan cliff hanging.

Tapi pikir-pikir, di dunia ini selalu ada orang yang sudah memikirkannya. Saya usul Anda membaca "Fifty Writing Tools" karya Roy Peter Clark. Dia seorang instruktur penulisan di Poynter Institute. Kelasnya sangat terkenal. Kita terkadang harus antri untuk ikut kelas dia di Florida.

Anda bisa baca 50 tips tersebut pada situs Poynter Institute. Clark mengajar menulis hampir pada semua tingkatan --dari anak sekolah hingga para pemenang Pulitzer Prize-- selama lebih dari 30 tahun. Dia pernah bicara soal ketrampilan menulis dalam The Oprah Winfrey Show, NPR and Today; di berbagai konferensi, dari Singapura hingga Brazil; dan di berbagai organisasi berita dari The New York Times hingga Sowetan di Afrika Selatan. Clark mengarang buku Writing Tools: 50 Essential Strategies for Every Writer.

Clark menerangkan semua tips dengan sederhana. Anda bisa juga baca maupun dengar via Podcast. Misalnya, tips pertama, Clark mengatakan, "Begin sentences with subjects and verbs." Dia menekankan pentingnya pakai kalimat aktif. Ini tips pertama.

Saya suka mengkritik wartawan yang menulis berita dengan kalimat pasif. Clark meletakkan pentingnya kalimat aktif. Saya sempat main ke kantor Papua TV di gedung Bank Papua, Jayapura. Mayoritas penulisan berita dilakukan dengan kalimat pasif. Ini bukan monopoli Papua TV. Ini dilakukan mayoritas ruang redaksi di Indonesia.

Lalu Clark mengatakan, "Order words for emphasis. Place strong words at the beginning and at the end."

Saya kira 50 tips dari Clark ini adalah permulaan yang baik untuk belajar menulis. Sisanya, ya belajar dari karya-karya raksasa. Saya banyak belajar dari karya-karya klasik untuk tahu teknik.

3 comments:

scorvgirl said...

ada bukunya ngga tuh?

how writing

Rahmat Ali said...

di http://d.scribd.com/docs/bx9fdv25v1epufiqzxo.pdf juga ada.

David Khoirul said...
This comment has been removed by the author.