Friday, February 18, 2011

Pelatihan Jurnalisme untuk Media Baru


Bermain basket di Sei Tapa bersama peserta pelatihan menulis dari majalah mahasiswa Trotoar, Universitas Jambi. ©Lili M. Rambe

SEJAK tahun 1999, saya cukup sering diminta melatih mahasiswa, wartawan atau aktivis menggunakan media. Baik belajar menulis, belajar membuat blog, memotret atau mengambil video. Ini semacam album kenangan. Saya ingin berbagi pengalaman dalam bikin silabus maupun merekam feedback mereka. Bagaimana mengatur pembagian waktu? Bagaimana mencari trainer?

Setiap tahun, bersama Janet M. Steele, seorang dosen George Washington University, saya juga rutin mengajar "kursus jurnalisme sastrawi" di Yayasan Pantau. Terkadang dua kali setahun. Pernah juga tiga kali. Ia diadakan di Ambon, Davao City dan Jakarta.

Saya mengajar macam-macam paket. Ada juga investigative reporting. Ada acara internet security. Ada shooting video. Ada narasi. Pelatihan ini juga membawa saya ke berbagai kota dari Pulau Sumatra hingga Papua, dari Sulawesi hingga Flores. Saya mencatat macam-macam pengalaman. Dari diskusi serius hingga gurauan saat pelatihan.

2010
Warisan Kata dari Sei Rokan

2009
Training Ganto di Padang

No comments: