Sunday, February 20, 2011

Gurauan di Kampus Universitas Jambi


Depan kantin mahasiswa Universitas Jambi (dari kiri ke kanan) Adhe L. Abaci, Andien Purity, Rahmad Hamidi Harahap, Andreas Harsono, Rida Efriani dan Bella Moulina. Perhatikan gaya Rida dan Bella ... anak-anak manis! ©Bella Moulina

SALAH SATU kesenangan dalam mengajar adalah bertemu lagi dengan peserta pelatihan tempo doeloe. Minggu lalu, ketika hendak mengajar di Universitas Jambi, saya bertemu dengan beberapa mahasiswa Jambi, yang tahun lalu pernah ikut kelas serupa bersama majalah Trotoar, Universitas Jambi.

Bella Moulina, dulu pemimpin redaksi Trotoar, adalah orang pertama yang mengutarakan ide untuk bikin latihan menulis di Universitas Jambi. Bella seorang mahasiswa penuh semangat. Dia pandai lobby kiri dan kanan. Berkat Bella, Trotoar memulai program pelatihan menulis untuk mahasiswa dan mahasiswi di Jambi. Fahri Salam dan saya mengajar di sana.

Kami juga ingat gurauan tahun lalu. Saya biasa memeriksa pekerjaan lapangan para peserta, termasuk peserta favorit kami: Rahmad Harahap. 

Ceritanya, Harahap ditugaskan mewawancarai seorang ibu, pemilik sebuah toko di Purwodadi, satu desa transmigrasi di Jambi.

Rahmad sangat teliti. Semua barang dalam toko ditanya.

"Ini apa Buk?"

"Ini toples Dek."

"Ini apa Buk?"

Jawabnya, ya semua barang dagangan. Dan Rahmad terus bertanya ini apa ... ini apa?

Akhirnya, ketika semua sudah ditanya, Rahmad masih bertanya, "Ini apa Buk?"

"Ini tangan saya Dek!"

He he he ... seluruh kelas tertawa.

Ketika minggu lalu kami bertemu, adegan apalagi yang tidak kami bincangkan selain "tangan si Ibu." Maka kami pun ramai-ramai menarik tangan Rahmad.

"Ini apa Buk?"

"Ini tangan saya Dek!"

Saya selalu berharap anak-anak ini selalu bahagia.


Ralat 21 Februari 2011
Nama lengkap Adhe L. Abaci memakai huruf "L" di tengah. Saya kurang lengkap. Hanya mencetak "Adhe Abaci." Adhe minta ditambahkan huruf tsb. Terima kasih.

1 comment:

adhe said...

mas andreas, ralat loh...
nama FB ku 'Adhe L Abaci'
meskipun hanya sebuah huruf yang tertinggal, tapi itu ada artinya loh...
hehehe

wah.. senang bisa menjadi bagian dari keluarga besar workshop, dan sangat beruntung rasanya bisa mengukir kenangan disana.
semoga semua itu nantinya bukan hanya sebatas 6 hari pelatihan saja, tapi juga jadi ilmu untuk selamanya.
amin...