Sunday, February 09, 2014

Tukang Sampah London Pindah ke Jakarta


Dokumentasi BBC "Toughest Place to be a Bin Man" tentang pekerjaan seorang tukang sampah di Jakarta. Ia mengikuti padangan dari Wilbur Ramirez, seorang tukang sampah dari London, yang mencoba pekerjaan rekannya di Jakarta. 


TUKANG SAMPAH dari London, Wilbur Ramirez, pergi ke Jakarta, kota besar sekali, sekaligus ibukota Indonesia. Wilbur kerja selama 10 hari bersama Imam, seorang tukang sampah di daerah Guntur, Jakarta. Wilbur mengumpulkan sampah dari rumah ke rumah, menginap di rumah Imam, ikut sortir sampah, belanja dan belakangan dia mengerjakan sendiri pekerjaan Imam. Dia terharu lihat kerja keras Imam. Dia juga bicara dengan Windi, isteri Imam, dan anak mereka, Baim.

Wilbur Ramirez di London
Dari kota dengan manajemen sampah yang memperhitungkan kesehatan dan keselamatan para pekerja mereka, Wilbur dihadapkan dengan sistem yang primitif di Jakarta. Dia melihat kemiskinan Jakarta. Dia lihat jurang antara kaya dan miskin. Dia lihat Imam tinggal dekat tempat sampah dengan kamar yang bahkan tak cukup buat rentangan tangan Wilbur.

Saya merasa malu lihat dokumentasi BBC ini. "Toughest Place to be a Bin Man" membuat saya sadar bahwa ada persoalan sampah luar biasa menyusahkan para tukang sampah depan mata saya.

Ketika bicara dengan Wilbur, Windi bilang suaminya memang hanya tukang sampah karena dia tak punya ijasah namun dia suami yang bekerja keras buat menghidupi isteri dan anaknya. Windi bilang dia tak ingin anak mereka meniru pekerjaan bapaknya ... lalu Windi menangis.

 BBC juga mengikuti perjalanan sebuah truk sampah dari Guntur menuju Bantar Gebang, tempat penampungan sampah raksasa dekat Pulogadung. Saya bergidik lihat gunungan sampah dan ratusan pemulung hidup di antara sampah.

Wilbur dan Imam di Jakarta. 
Saya merasa malu. BBC bisa punya kesadaran bikin program yang manusiawi begini. Saya berharap ada wartawan di Jakarta yang tertarik meniru. Program ini berguna buat banyak orang. Di Indonesia, orang perlu disadarkan tentang kemiskinan, sampah dan sebagainya. Program ini tampaknya menarik perhatian banyak orang. Wilbur lantas membuat Wilbur Ramirez Charitable Trust khusus membantu para tukang sampah di daerah Guntur.

No comments: