Thursday, December 27, 2012

Internet, verifikasi, jurnalisme dan demokrasi

Elemen kesepuluh dalam Jurnalisme


Bedah buku di Dewan Pers pada 27 Desember 2012 @Andreas Harsono

"Democracy is based on an informed citizen, an informed collective. The whole notion of public opinion on which democracy is based grew out of the invention of the printing press. That, for the first time, gave ordinary people information about the behavior of people in the institutions that had power of their lives. Once they had that information, they had a chance to have a voice on how those people in those institutions behaved. That's what created public opinion, that's what created democracy. The two were born together, the two will die together."

B
ill Kovach dan Tom Rosenstiel adalah dua wartawan, dua sahabat, yang sudah menulis tiga buku bersama. Pada 1999, mereka menulis Warp Speed: America in the Age of Mixed Media dimana mereka memakai kasus Monica Lewinsky guna menerangkan bagaimana kecepatan pemberitaan menekan waktu untuk verifikasi informasi, “…sources are gaining more leverage and argument is overwhelming reporting.”

Pada Desember 2001, mereka menerbitkan buku The Elements of Journalism: What Newspeople Should Know and the Public Should Expect. Mereka memperkenalkan sembilan elemen jurnalisme. Ia jadi buku populer, sudah diterjemahkan dalam lebih dari 40 bahasa.

Yayasan Pantau menterjemahkan buku tersebut ke Bahasa Indonesia. Pada Desember 2003, Bill Kovach berkunjung ke Medan, Jakarta, Jogjakarta, Surabaya dan Bali guna promosi versi Indonesia.  Saya beruntung menemani dan menterjemahkan Kovach, pindah dari diskusi satu ke diskusi lain. Kovach juga sempat mengunjungi Candi Borobudur. Dia membuat sketsa Borobudur serta dihadiahkan kepada saya.

Pada April 2007, mereka menerbitkan revisi buku tersebut. Ia bukan revisi biasa. Mereka menambahkan satu elemen kepada sembilan elemen jurnalisme. Elemen ke-10 soal “Hak dan Tanggungjawab Warga.” Ia dimunculkan karena internet mengubah dunia jurnalisme. Kovach dan Rosenstiel menulis sekarang setiap orang bisa jadi penerbit lewat blog, setiap orang bisa siaran dengan You Tube atau Vimeo, setiap orang bisa jadi komentator dengan Facebook atau  Twitter.

Dulu tak setiap orang sanggup jadi penerbit suratkabar. Mesin cetak luar biasa mahal. Dulu tak setiap orang bisa jadi pemilik serta penyiar radio … apalagi televisi. Modal buat bikin televisi selangit. Jalur frekuensi juga terbatas. Tapi ia berubah dengan teknologi digital.  

Kovach lahir dari keluarga Albania pada 1932 di Tennessee, Amerika Serikat. Pada 1959, Kovach bekerja sebagai wartawan di harian Johnson City Press-Chronicle. Kovach banyak meliput soal gerakan persamaan hak orang kulit hitam serta kemiskinan di daerah pegunungan Appalachian. Pada 1968, Kovach bergabung dengan harian New York Times. Pada 1986, Kovach keluar dan jadi pemimpin redaksi harian Atlanta Journal-Constitution di Atlanta.

Pada 1990, Kovach jadi kurator Nieman Fellowship di Universitas Harvard, sebuah program pendidikan wartawan dimana mereka diberi kesempatan berpikir dan belajar lagi soal pekerjaan mereka. Di Harvard pula Kovach mulai bekerja sama dengan Tom Rosenstiel, mantan kritikus media Los Angeles Times, guna mengerjakan riset macam-macam soal media. Mereka bersama mendirikan Committee of Concerned Journalists. Kovach jadi ketua. Rosenstiel jadi direktur.

Pada Agustus 2011, mereka menerbitkan buku ketiga: Blur: How to Know What's True in the Age of Information Overload. Buku ini adalah pengembangan dari elemen ke-10.  Mereka menulis bahwa teknologi internet mengubah cara penyampaian informasi dan format pemberitaan. Secara revolusioner internet mengubah dunia informasi. Dampaknya, banyak informasi ngawur beredar di internet. Internet praktis menghancurkan peranan ruang redaksi sebagai gate keeper informasi. Wartawan kini tak memiliki peranan buat menentukan apa yang perlu diberitakan, apa yang tak perlu. Namun teknologi internet tak mengubah makna tentang keperluan informasi yang bermutu agar masyarakat bisa mengambil keputusan substansial buat mengatur kehidupan mereka.

Bagir Manan (ketua Dewan Pers), Petty Fatimah dari Femina serta Uni Lubis (moderator) dalam diskusi Dewan Pers ©Andreas Harsono

Dalam buku Blur, Kovach dan Rosenstiel memakai istilah "diet informasi" buat zaman internet. Warga perlu diet. Warga sebaiknya tak membaca informasi busuk. Mereka melihat delapan fungsi yang diminta oleh konsumen berita dari dunia jurnalisme:

Authenticator – Konsumen perlu wartawan buat memeriksa keautentikan suatu informasi, mana fakta benar, mana yang dapat diandalkan. Masyarakat tak melihat wartawan hanya sebagai penyedia informasi. Mereka memerlukan wartawan untuk menerangkan bukti dan dasar untuk memahami mengapa suatu informasi bisa dipercaya. Peran authenticator memerlukan keahlian yang lebih canggih dari suatu ruang redaksi.

Sense Maker – Jurnalisme juga cocok untuk memainkan peran sebagai sense maker, menerangkan sesuatu masuk akal atau tidak. Peran ini jadi penting karena sekarang banyak informasi lewat internet yang tidak masuk akal sehat. Kebingungan dan ketidakpastian lebih sering muncul. Bill Keller dari New York Times memakai istilah “tsunami informasi.” Pasokan informasi mbludak, masyarakat menjadi kesulitan untuk menyaring mana yang masuk akal, mana propaganda, mana tipu-tipu dst.

Investigator – Wartawan harus terus berfungsi sebagai investigator guna mengawasi kekuasaan serta membongkar kejahatan dalam pelaksanaan pemerintahan. Jurnalisme yang membongkar apa yang tersembunyi, atau dirahasiakan, sangat penting untuk merawat demokrasi. Ia adalah fundamental bagi jurnalisme baru maupun lama.

Witness Bearer –Ada kejadian-kejadian tertentu dalam setiap masyarakat yang harus diamati, dipantau dan diteliti. Wartawan tetap harus berada di tempat-tempat tertentu, termasuk kantor-kantor pemerintahan, dimana mereka menjadi saksi kejadian penting. Jika sumber daya mereka kurang, maka pers harus menemukan cara untuk minta bantuan citizen reporter. Disini ada potensi menciptakan kemitraan dengan warga. Disini juga terletak kewajiban masyarakat untuk memberdayakan jurnalisme.

Empowerer – Ini fungsi saling pemberdayaan: wartawan dan warga. Wartawan memberdayakan warga dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam newsgathering. Warga memberdayakan wartawan dengan pengalaman dan keahlian mereka. Fungsi ini harus dimulai dengan mengakui bahwa masyarakat adalah mitra dalam jurnalisme. Ia akan menghasilkan dialog terus-menerus antara wartawan dan warga.

Smart Aggregator – Masyarakat memerlukan aggregator cerdas yang rajin menelusuri web serta menawarkan informasi bermutu kepada masyarakat. Wacana organisasi berita sebagai "taman tertutup,” yang hanya menawarkan karya mereka sendiri, sudah berakhir. Wartawan cerdas harus berbagi sumber yang bisa diandalkan, laporan-laporan yang mencerahkan, serta mengarahkan khalayak mereka ke sumber-sumber terpercaya.

Forum Organizer – Sebuah organisasi berita, baru atau lama, juga dapat berfungsi sebagai “alun-alun” dimana warga bisa memantau suara dari semua pihak, bukan hanya suara kelompok atau ideologi mereka sendiri. Jika wartawan membayangkan bahwa tujuan mereka adalah memberi inspirasi kepada masyarakat, maka forum organizer adalah fungsi yang masuk akal dan tepat buat mendorong masyarakat mengambil keputusan yang bermutu buat perbaikan pemerintahan mereka. Masyarakat memerlukan informasi bermutu, liputan dari lapangan --bukan fakta semu—serta alun-alun dimana mereka bisa mendapatkannya.

Role Model – Media baru, terutama warisan nama-nama media lama yang terkenal, jika bisa  bertahan hidup, pasti akan berfungsi sebagai panutan (role model) bagi warga yang ingin jadi citizen reporter. Warga akan menengok ke wartawan untuk melihat bagaimana wartawan bekerja, meniru apa yang mereka lihat dan  mengubah apa yang mereka tidak suka. Kini banyak organisasi berita membuat kelas-kelas jurnalisme untuk warga dan mendidik warga dalam newsgathering. Kovach dan Rosenstiel memuji pendekatan ini namun wartawan harus mengerti bahwa perilaku mereka sekarang masuk ranah publik, bukan hanya laporan-laporan mereka. Mereka juga perlu jadi role model.

***

Materi dalam diskusi Dewan Pers saat bedah buku Blur: How to Know What's True in the Age of Information Overload. Andreas Harsono adalah murid Bill Kovach ketika belajar di Universitas Harvard 1999-2000, juga anggota Yayasan Pantau, yang membantu penterjemahan The Elements of Journalism serta Blur.  

No comments: