Thursday, May 31, 2007

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian"
-- Pramoedya Ananta Toer

"Journalism is the closest thing I have to a religion because I believe deeply in the role and responsibility the journalists have to the people of a self-governing community"
-- Bill Kovach


James Nacthwey: Jakarta 1998 - Beggar bathed his children.


Indonesia: A Lobbying Bonanza
Taufik Kiemas, when his wife Megawati Sukarnoputri was still president, collected political money to hire a Washington firm to lobby for Indonesian weapons. This story is a part of a project called Collateral Damage: Human Rights and US Military Aid

Bagaimana Batulis yang Bikin Bae?
Pantau bikin workshop jurnalisme di Ternate untuk orang dari Tobelo, Jailolo, Soasiu, Bacan, Morotai dan lainnya. Adnan Amal, Agus Sopian dan Linda Christanty mengampu workshop ini.

"Agama Saya adalah Jurnalisme"
Novriantoni dari Kajian Islam Utan Kayu wawancara saya soal pengalaman keagamaan serta bagaimana saya melihat azas pemisahan agama dan negara di Indonesia.

Sexism, Racism and Sectarianism
Bagaimana menjawab reporter yang hendak menurunkan laporan tentang orang yang buruk hanya dari sisi positifnya saja? Bagaimana audiens bisa dapat informasi dengan proporsional?

Kursus Penulisan Sejarah
Bonnie Triyana, seorang sejarahwan yang juga wartawan, usul agar diadakan kursus penulisan sejarah. Bonnie merasa banyak sekali karya-karya sejarah-sejarahan di media kita.

State Intelligence Agency hired Washington firm
Indonesia's intelligence body used Abdurrahman Wahid’s charitable foundation to hire a Washington lobbying firm to press the U.S. Congress for a full resumption of military assistance to Indonesia. Press Release and Malay version

Dari Sabang Sampai Merauke
Sejak Juli 2003, saya berkelana dari Sabang ke Merauke, guna wawancara dan riset buku. Intinya, saya pergi ke tujuh pulau besar, dari Sumatra hingga Papua, plus puluhan pulau kecil macam Miangas, Salibabu, Ternate dan Ndana. Inilah catatan kecil perjalanan tersebut.

Struktur Republik Indonesia Serikat
Belanda bikin studi berbagai aspek budaya, politik dan sebagainya dari kepulauan ini. Mereka menterjemahkan Nagarakrtagama karya Prapanca hingga bikin buku mutakhir soal communal violence pasca-Suharto. Bagaimana Belanda melihat struktur administrasi?

Petisi Buku Sejarah
Mengapa tindakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melarang buku-buku sejarah "G30S" diprotes komunitas sejarah? Apa perbedaan makna "G30S" dan "G30S/PKI"?

From the Thames to the Ciliwung
Giant water conglomerates, RWE Thames Water and Suez, took over Jakarta's water company in February 1998. It turns out to be the dirty business of selling clean water.

Media dan Jurnalisme
Saya suka menulis soal media dan jurnalisme. Pernah juga belajar dengan asuhan Bill Kovach dari Universitas Harvard. Ini makin sering sesudah diminta menyunting majalah Pantau.

Puri Lukisan Ubud
Musium rekaman perkembangan seni di Pulau Bali. Bagaimana Walter Spies mempengaruhi karya seni lewat organisasi Pita Maha di Ubud? English

Bagaimana Cara Belajar Menulis Bahasa Inggris
Bahasa punya punya empat komponen: kosakata, tata bahasa, bunyi dan makna. Belajar bahasa bukan sekedar teknik menterjemahkan kata dan makna. Ini juga terkait soal alih pikiran.

Dewa dari Leuwinanggung
Saya meliput Iwan Fals sejak 1990 ketika dia meluncurkan album Swami. Waktu itu Iwan gelisah dengan rezim Soeharto. Dia membaca selebaran gelap dan buku terlarang. Dia belajar dari W.S. Rendra dan Arief Budiman. Karir Iwan naik terus. Iwan Fals jadi salah satu penyanyi terbesar yang pernah lahir di Pulau Jawa. Lalu anak sulungnya meninggal dunia. Dia terpukul. Bagaimana Iwan Fals bangkit dari kerusuhan jiwa dan menjadi saksi?

A Lobbying Bonanza

Indonesia hired well-connected firms to restore U.S. funding cut off after 1991 massacre

By Andreas Harsono
International Consortium of Investigative Journalists


A long string of human rights abuses had put Indonesia in a deep hole with the United States, but then the September 11 terrorists struck. Suddenly the hole got shallower.

No country has more Muslims than Indonesia, and it is the world’s fourth most populous country after China, India and the United States, with almost twice as many people as Japan. So in the emerging post-9/11 world of Islamist terrorism, Indonesia’s importance to the U.S. suddenly increased.

The island nation had inaugurated a new president just months before the 9/11 attacks and, by chance, the White House had issued an invitation for her to visit on September 19. As it turned out, the new president, Megawati Sukarnoputri, was one of the first state visitors to the White House after the terrorists struck — and the timing couldn’t have been more propitious.

For President Bush, it was an occasion to make friendly overtures to a huge nation that could be a crucial ally in dealing with terrorists.

For President Megawati, it was an opportunity to advance a public relations campaign so relentless that private sources politically connected to the Indonesian government spent more than $1 million to hire a team of Washington lobbyists led by Bob Dole, the former Senate Republican leader and 1996 presidential nominee. Indonesia’s lobbying goals included the resumption of controversial military aid that had been cut off after its troops massacred more than 100 demonstrators in East Timor in 1991.

The relentlessness paid off:

• In the three years after the 9/11 attacks, Indonesian forces benefited from training in counterterrorism techniques and skills worth more than $5 million under the Pentagon’s new post-9/11 Regional Defense Counterterrorism Fellowship Program (CTFP) — even though for much of that time other similar U.S. military assistance was embargoed because of Indonesia’s human rights record. An analysis of foreign military training and assistance conducted by the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) found that Indonesia received more CTFP training than any other country — twice as much as the second-place nation, the Philippines.

• In February 2005 U.S. Secretary of State Condoleezza Rice declared the Indonesian military sufficiently reformed to warrant resumption of aid under the International Military Education and Training (IMET) program, despite skepticism from Congress and human rights organizations about the extent of reform.

• In November 2005, just over four years after Megawati visited the White House, the last restriction on U.S. military aid was lifted. The State Department announced that aid would resume under the Foreign Military Financing program (FMF) with the goals of modernizing Indonesia’s military and supporting U.S.-Indonesia counterterrorism cooperation. The program provides funds for foreign militaries’ purchases of U.S. military goods, services and training.

• In March 2006 Rice visited Jakarta and announced that the U.S. would increase military cooperation and boost the training budget. “A reformed and effective Indonesian military is in the interest of everyone in this region, because threats to our common security have not disappeared,” she said. “We look for continued progress toward greater accountability and complete reform.”

Indonesia was out of its hole, and U.S. military aid was flowing again. Around the time of the FMF announcement, according to lobbying records, the country ended its relationship with Richard L. Collins & Co., which had succeeded Dole’s team as one of Indonesia’s primary lobbyists in Washington. But questions remain over who exactly paid for the lobbying.

President’s supporters steered contract to Dole

Indonesia spreads over five major islands and more than 17,000 smaller ones in archipelagoes between Malaysia and Singapore. It stretches almost to Australia and across such exotic locations as Bali, Borneo, Java, New Guinea and Sumatra as well as the ancient Spice Islands (now called the Moluccas), where nutmeg originated. Its government is struggling to establish itself as a democracy after the brutal and corrupt 32-year dictatorship of Suharto, who, like many Javanese, uses only one name. During Suharto’s reign, the military was reported to have killed as many as 3 million Communists and other dissidents on the outer islands; estimates of Suharto’s reportedly embezzled fortune start at $15 billion.

The nation’s politics in the decade since Suharto stepped down in 1998 have been tangled and shadowy, with almost continuous insurgencies on the country’s different islands and the military still playing a powerful role in politics. So perhaps it is little wonder that Indonesia’s three Washington lobbying contracts were signed, successively and respectively, by a politically connected Indonesian businessman, a man claiming to be authorized to sign on behalf of a foundation started by a former president who is a moderate Muslim cleric, and the government’s intelligence agency.

Indonesia held its first direct presidential election in 2004, and international monitors declared it well run. In it, Megawati — the daughter of Sukarno, Indonesia’s first president after independence following World War II — was defeated by Susilo Bambang Yudhoyono, a retired three-star general who had been her chief security minister and ran as a reformer. Foreign Agents Registration Act (FARA) records on file with the Department of Justice in Washington show that the lobbying contract with Dole’s firm, Alston & Bird, was terminated immediately after Yudhoyono was inaugurated.

The Alston & Bird contract had been negotiated by a powerful group of Megawati supporters after she became president, and it was signed by one of them, Yohannes Hardian Widjonarko, then the treasurer of the Kawula Alit Nusantara Foundation, an organization led by Megawati’s husband Taufik Kiemas. Taufik is also a leader of Megawati’s Indonesian Democratic Party of Struggle. Its executive director is Tjahjo Kumolo, who heads the party’s faction in the Parliament.

The one-year contract was signed on December 1, 2003, by Frank (Rusty) Conner III, the partner in charge at Alston & Bird LLP, and Widjonarko. The contract was also signed by Dole and specifically indicated that he would coordinate Alston & Bird’s lobbying efforts for Widjonarko and his “designated representatives.” The contract called for payment of $200,000 per month and laid out 12 lobbying objectives including increasing trade between America and Indonesia; seeking a resumption of the military assistance; and providing counsel to the Indonesian government regarding business, legal and financial issues. In addition to the retainer, the contract allowed the firm to charge up to $2,500 per month for travel, meals and administrative costs such as photocopying and computerized research.

The engagement specified that Dole was to “actively participate in and supervise our day-to-day work under this agreement. All work will be coordinated from his office.” And there was much to supervise: the work of nine other Alston & Bird lobbyists assigned to work on Indonesia’s behalf, including two other partners, Jonathan Winer, a former deputy assistant secretary of state for international law enforcement, and Thomas Boyd, who headed the Office of Policy Development in the Department of Justice under President George H.W. Bush. Others working on the account (some of whom have since left the firm) included Michael Marshall, a former spokesman for Dole; John Schall, a former policy adviser to the senior Bush; Cameron Lynch, a former aide to Sen. John Ashcroft; plus Atiqua Hashem, a lawyer then working out of Alston & Bird’s Atlanta office .

The agreement had a follow-up detail three weeks later that brought Indonesia’s government directly into the arrangement, through a December 18, 2003, letter from Laksamana Sukardi, Indonesia’s minister for state enterprises. Records show that Sukardi, whose office controlled more than 150 companies ranging from oil exploration to shipping to telecommunications , asked Dole to advocate personally for the state-owned oil company Pertamina in a multimillion-dollar legal case.

FARA records show that the Dole team called and met with then-Homeland Security Secretary Tom Ridge as well as Karen Brooks, then the Asian affairs director for the National Security Council. They also met with U.S. Agency for International Development officials, including its Jakarta director, William Frej, and lobbied officials of the United States-Indonesia Society.

Those records further show that they made contact with the offices of then-National Security Advisor Condoleezza Rice; Richard Armitage, deputy secretary of state; and Cofer Black, the State Department’s counterterrorism coordinator and former head of the CIA’s counterterrorism center. The records show that the lobbyists called or met with State Department officials 12 times, including Ralph Boyce, the U.S. ambassador to Indonesia.

According to listings of the firm’s expense accounts filed with its Department of Justice FARA papers, Dole and Atiqua Hashem traveled to Jakarta in December 2003 and again in March 2004 (a trip on which Winer joined them). The same records show Hashem traveled extensively between Atlanta and Washington to work with Dole.

On Capitol Hill, Dole’s team made contact with the offices of Sens. Patrick Leahy, D-Vt., and John Kerry, D-Mass., and with many other members of Congress and their staffs, promoting not only the resumption of military aid but also Indonesia’s status as the biggest Muslim democracy and an ally in the Bush administration’s war on terror.

The total cost for all this, according to FARA records, was $1,044,147. From November 1, 2003, to April 30, 2004, Alston & Bird reported $846,163 in income from Widjonarko. From May 1, 2004, until October 20, 2004, the reported income was $197,984.

Where did all the money come from? It depends on whom you ask.

Alston & Bird’s Jonathan Winer wrote in a FARA document that Widjonarko “is responsible for financing and controlling this engagement. … Although this engagement may from time to time also be directed by individuals in the government of Indonesia, to my best knowledge, Mr. Widjonarko is not supervised, owned, controlled, financed, or subsidized by a foreign government, foreign political party, or other foreign principal.”

In an interview with ICIJ, Muhamad S. Zulkarnaen, another member of the group of Megawati supporters who coalesced around her husband, declined to comment about who contributed to the Alston & Bird payments. He denied that Sukardi’s ministry of state enterprises funded the lobbying campaign, directly or indirectly, instead characterizing the funding as “political donations.” When asked by ICIJ who contributed those “political donations,” he responded that, “Well, you don’t keep that kind of list.”

The FARA documents, however, mentioned the name of “P. Sondakh,” an apparent reference to Peter Sondakh, a powerful businessman who controls the Rajawali Group, whose interests range from cigarette to cement productions. Winer sent Sondakh a package in June 2004, according to the firm’s FARA filings that year and two other sources, a Rajawali Group executive and an Indonesian diplomat in Washington, D.C., speaking with ICIJ on condition of anonymity, confirmed that Taufik, Megawati’s husband, had asked the Rajawali Group for financial contributions.

So what did all of this lobbying accomplish? When the contract was terminated after Yudhoyono became president in October 2004, the U.S. embargo on IMET and FMF funds was still in place and the Pertamina case had not been resolved. In a phone call with ICIJ, Winer said that the firm has a policy of not commenting on its work for clients unless authorized by the client; Widjonarko did not respond to repeated requests for an interview by an ICIJ reporter in Indonesia. Zulkarnaen told ICIJ that the lobbying accomplished almost nothing.

After the Dole team had left the field, in February 2005, Condoleezza Rice, who had become secretary of state a month earlier, announced that reform of Indonesia’s military was sufficient to justify resumption of IMET funding.

Military, intelligence agency linked to abuses

Military reform in Indonesia is a major challenge. Suharto’s military conducted massacres on an all but unimaginable scale. Today many of the officers of that era are still serving in the military or are retired but engaged in politics.

Indonesia’s military has long operated with unusual independence; the International Relations Center quotes experts who estimate that only 25 to 30 percent of the military’s funding comes from the government’s budget, “with the rest coming from ‘taxes’ on natural resource extraction, bribes, and other forms of ‘informal’ financing.”

Further, Indonesia’s military is deeply engaged in the country’s various conflicts. Suharto had used the military to force outlying parts of the islands to become part of Indonesia against their will and, as a result, troops were routinely engaged with separatist insurgencies, notably in East Timor, Papua and Aceh provinces.

East Timor, which is predominantly Catholic and Portuguese-speaking, became an autonomous nation after a United Nations-supervised referendum in 1999, but even after the referendum Indonesian troops and militia groups launched attacks there. At other far reaches of the archipelago, the special region of Aceh and province of Papua have achieved ceasefires and negotiated greater autonomy. Charges of repression and gross human rights violations, once common, continue at lesser volume in both Aceh and the predominantly Christian Papua.

In November 2001, Papua leader Theys Eluai was assassinated. An investigative commission concluded that a unit of Koppasus, the army’s special forces, was involved in planning and executing the murder.

In August 2002, gunmen attacked cars passing on a mountainous road to a copper mine in Papua that’s operated by Freeport-McMoRan, now the world’s largest publicly traded copper company. Two American teachers and one Indonesian teacher at Freeport’s school were killed in the ambush. The attack alarmed Washington.

John Otto Ondawame, spokesman for the Free Papua Movement, which is known by the initials OPM, issued a statement alleging that the attack may have been “orchestrated by the Indonesian military.” The Papua police and Elsham Papua, a human rights group, also said they suspected the military. Indonesia’s Foreign Ministry spokesman Marty Natalegawa countered that “there are indications the act was committed by elements of OPM.” In November 2006, a Papuan guerilla fighter, Antonius Wamang, was convicted and sentenced to life in prison, and six other defendants received lesser sentences. But human rights advocates insist that Kopassus officers played a part and that a police officer supplied the bullets Wamang used.

Indonesia’s intelligence agency, Badan Intelijen Negara (BIN), has also long been linked to human rights violations, including the 2004 assassination of human rights campaigner Munir Thalib.

According to Central Jakarta district court documents, Munir was poisoned with arsenic sprayed on his fried noodles during a Garuda Indonesia flight from Jakarta to Amsterdam on September 7, 2004. In December 2005, the court sentenced a Garuda pilot, Pollycarpus Budihari Priyanto, to 14 years in prison for poisoning Munir and for carrying forged travel documents. His conviction was overturned by Indonesia’s Supreme Court, and in April 2007 two new suspects were named by Indonesia authorities.

The court documents note that Pollycarpus had no personal motive to kill Munir; the proceedings also brought to light 41 telephone conversations between Pollycarpus and a mobile phone number, 0811-900978, before and after Munir’s assassination. The mobile phone was registered to Maj. Gen. Muchdi Purwopranjono, a deputy director at BIN and a friend of Widjonarko, the businessman who signed the Alston & Bird lobbying contract.

In his court testimony, Purwopranjono confirmed that 0811-900978 was his mobile phone number but he said it was frequently used by his driver and aides. He denied ordering Munir’s assassination or having ever met Pollycarpus. Purwopranjono, who was the commander of the notorious Koppasus special forces in the Suharto era and retired from the military in 1999, confirmed that Widjonarko is his friend. BIN didn’t respond when contacted several times for comment.

Second lobbying effort pays off

Indonesia’s lobbying campaign in Washington resumed in May 2005 with the hiring of Richard L. Collins & Co., a smaller boutique firm. This time, BIN, the Indonesian intelligence agency implicated in the Munir assassination, was paying the bills.

Its selection of the firm was no coincidence: Collins & Co. didn’t have a Bob Dole on its roster, but its vice president for international business at the time, Eric Newsom, was a former assistant secretary of state for political-military affairs in charge of running the IMET and FMF military aid programs — the very programs Indonesia wanted restored. He was also a former top aide to Sen. Patrick Leahy, D-Vt., a key figure in the Senate on human rights issues and U.S.-Indonesia policy.

BIN initially lobbied from the shadows, hiding behind a former Indonesian president’s charitable foundation. But the connection between BIN and the charitable foundation , the Gus Dur Foundation, is documented in papers Collins & Co. filed in compliance with FARA. The foundation was established by former Indonesian President Abdurrahman Wahid, who goes by the nickname Gus Dur and is known for his moderate politics and support for human rights.

Gus Dur retained Collins & Co. for $30,000 a month to lobby to “remove legislative and policy restrictions on security cooperation with Indonesia,” according to a copy of a signed initial contract. But in FARA forms that accompany the contract the firm noted, “For the purposes of this contract, the Gus Dur Foundation’s activities are directed and funded by the [BIN]. The nature of the activities carried out under this contract were defined in consultation with representatives from the [BIN] and the [BIN] provides the funding. . . .”

The FARA documents show that on July 31, 2005, the contract between Collins & Co. and the Gus Dur Foundation was terminated and, effective September 1, a new contract for the same monthly amount was executed directly between Collins & Co. and BIN. Collins & Co. lobbyists did not return repeated calls requesting comment.

The initial contract defines Collins & Co.’s mission in the context of Indonesia’s “obstacles to a more cooperative relationship with the United States, particularly in the area of military cooperation . . . the image of Indonesia, especially in the United States Congress, remains highly negative and colored by events in East Timor and other disturbed areas like Papua and Aceh.”

The FARA filings also reflect the fact that part of Collins & Co.’s charge was to assuage congressional concerns over the in-flight assassination of Munir, the Indonesian human rights campaigner. In the U.S. Foreign Operations Appropriations Bill for fiscal year 2000, Congress made the resumption of military aid contingent on reform of the Indonesian military and prosecution of major human rights offenders.

The FARA records show that between June and October of 2005, Collins & Co. lobbyists, sometimes accompanied by BIN officials, met with several key members of Congress and their staffs. Among them were Sen. Leahy, and Sen. Chuck Hagel, R-Neb., and Sen. Lisa Murkowski, R-Alaska, as well Rep. Jesse Jackson Jr., D-Ill. and an aide to Sen. Barack Obama, D-Ill..

Newsom accompanied BIN officials As’ad Said Ali and Burhan Mohammed to a meeting with Sen. Leahy and a key aide just off the Senate floor on July 21, 2005.

According to Tim Reiser, Sen. Leahy’s top aide on the Senate Appropriations Committee’s Subcommittee for State, Foreign Operations, and Related Programs (whose annual funding bill finances the IMET and FMF programs), Sen. Leahy agreed to the 15-minute meeting so he could express his opposition to the resumption of full military assistance to Indonesia. Sen. Leahy told As’ad that he didn’t think sufficient reform had taken place.

The lobbyists from Collins & Co. also met with American Samoa’s representative, Eni Faleomavaega, to discuss West Papua. Faleomavaega, a Democrat, is the most important, if not the only, champion of the Papuan cause on Capitol Hill. He has spoken about Indonesia “slaughtering” 100,000 people since its takeover of West Papua in 1969.

The lobbying campaign was certainly not the only reason military assistance was eventually resumed; in fact, the push for reinstating IMET and FMF for Indonesia began shortly after the Bush administration took office in 2001. The administration and Republican allies in Congress say the previous policy of punishing Indonesia for human rights violations had not paid dividends; the much-hoped-for reform of the Indonesian military and security apparatus had not occurred.

In November 2005, the FMF restriction was lifted — and, the FARA records show, Indonesia’s contract with Collins & Co. came to an end.

In an interview with the Inter Press Service news agency, Sen. Leahy called the decision “premature and unfortunate,” saying resumption of a military training program for Jakarta “will be seen by the Indonesian military authorities who have tried to obstruct justice as a friendly pat on the back.”

Sen. Leahy inserted a provision in the Senate version of the fiscal 2007 Foreign Operations Appropriations Bill (not yet passed by Congress ) that would require the Secretary of State to submit a report to the Senate and House Appropriations committees detailing “the status of the investigation of the murder of Munir Said Thalib, including efforts by the Government of Indonesia to arrest any individuals who ordered or carried out that crime and any other actions taken by the Government of Indonesia (including the Indonesian judiciary, police and the State Intelligence Agency [BIN]), to bring the individuals responsible to justice.”

How did Gus Dur find his name attached to lobbying paid for by BIN? Muhyiddin Aruhusman, a close associate of Gus Dur’s, signed the original Collins & Co. contract on behalf of the Gus Dur Foundation. Ikhsan Abdullah, the foundation’s secretary, told ICIJ that Aruhusman, a member of Parliament, had no official position at the foundation. Asked whether he was authorized to sign on behalf of the foundation or whether Gus Dur himself knew about the contract, Aruhusman said, “I can’t discuss more. I have to bear in mind Gus Dur’s good name. He didn’t know.”

In a September 2006 news conference, following inquiries by ICIJ on the matter, Gus Dur acknowledged letting BIN use his foundation, saying that it was done “for the sake of the nation.”

“Neither the Gus Dur Foundation nor I have ever made any deal with BIN nor hired a U.S. company to seek resumption of the military training program,” Gus Dur told the media. He told reporters in Jakarta that BIN deputy chief As’ad Said Ali and several other intelligence agents had met with him one day in 2004, asking him if it was okay to make use of his name for the national interest. “Upon hearing the words ‘for the sake of the nation,’ I replied: ‘Please do.’ And I had no idea this conditional permission would be misused to lobby for the lifting of the military embargo,” he said.

Counterterrorism efforts offset by tensions

What did the United States get in return for opening the military aid spigot to Indonesia?

The island nation became an early, if somewhat reluctant, partner in U.S. counterterrorism efforts. After 9/11, President Megawati was careful about cracking down on suspected militants for fear of inflaming the country’s vast Muslim majority. The U.S., well aware of this dynamic, also took an early kid-glove approach, declining initially to include Indonesian extremist groups such as Laskar Jihad and Jemaah Islamiyah (JI) on its list of terrorist organizations, despite the fact that JI’s founder, Riduan Isamuddin, an Indonesian national better known as Hambali, was a known associate of Al Qaeda.

But over the years, the Indonesian government quietly stepped up its pressure on homegrown militants, arresting and prosecuting hundreds of terrorist suspects, many of them in connection with the 2002 Bali nightclub bombings , which killed 202 people and injured 209, largely Australian tourists. A steady drumbeat of attacks has continued since: a 2003 Marriott Hotel bombing that killed 12; a 2004 bombing of the Australian Embassy in Jakarta, which killed 10; and 2005 suicide bombings in Bali that killed 19.

In late 2006, in a visit with Pakistani President Pervez Musharraf, President Yudhoyono pledged to increase anti-terrorism cooperation with Pakistan, signaling the convergence of two of America’s key counterterrorism allies. Indonesia is also now part of the State Department’s Regional Strategic Initiative, an effort to link key governments in a particular area — in this case, Indonesia, Malaysia and the Philippines — to combat terrorism. All three countries are combating local insurgencies that at times have been linked to Islamist extremists.

But tension continues over whether BIN, which hired the lobbyists who helped push a resumption of military aid, was responsible for the assassination of a human rights advocate. Tension also exists over whether the Indonesian military, which benefits from the military aid, was behind the Freeport mine ambush that killed two Americans.

Yohanes Hardian Widjonarko


Yohanes Hardian Widjonarko is an Indonesian businessman born in Semarang. He built his career with one of Indonesia’s largest timber company, PT Barito Pacific Timber Tbk, involved in massive deforestation of Borneo’s rainforest since the 1980s. In 1998, it was caught in financial difficulties at the height of the Asian economic crisis. Widjonarko resigned as its president director in June 2002 but still retained the status of a commissionaire for two years.

During my reporting, I talked to many businessmen, politicians and journalists. I learned that Widjonarko, to quote one business executive, has “a lot of friends among politicians and has a good networking among businessmen.” Most of these business leaders know that Widjonarko works with Taufik Kiemas. Widjonarko regularly plays billiard with some Jakarta television executives and newspaper editors at Hotel Le Meredian in downtown Jakarta.

Kawula Alit Nusantara Foundation rented an office space on the 23rd floor of Menara Mulia, one of Jakarta’s towers. “We used that office just to get together. What would people think if we sing at the State Palace?” said Muhamad S. Zulkarnaen, smiling.

Zulkarnaen told me that Widjonarko is the main operator of this Washington lobby. He is also its treasurer. The foundation registered an internet domain www.kawula.or.id under Widjonarko’s name. The foundation gradually became "non active" after President Megawati Sukarnoputri lost the election in 2004.

The internet domain is currently used by PT Winaros Kawula Bahari, a frozen seafood exporter, located in Beji near Pasuruan in eastern Java. The head office of this company is located in Bellagio tower in Jakarta, where Yohanes also opens a pub called Flo Lounge. Widjonarko and his wife, Lianawati Hardjoanwar (nicknamed Li Lan), also live in an apartment in Bellagio. They manage the pub themselves.

Florian Arieschka, the pub's marketing manager, told me, “Ibu Megawati often came here four or five times, organizing her own private parties. Pak Taufik’s colleagues also regularly come here as well as the buddies of my owner.”

Marissa Haque, a movie star who joined Megawati's party, once came to Kawula Alit office and had lunch with Taufik Kiemas and his associates. “TK’s (Taufik Kiemas) office is below the Kawula Alit headquarters. The offices are luxurious, a lot of paintings,” Haque said.

Helmy Fauzi, a former op-ed page editor of the Sinar Harapan daily and now an assistant to Kiemas, also used that office to hold a meeting once with other activists. “We invited many activists to discuss some political issues,” said Fauzi. “The office is very spacious and comfortable.”

I tried to interview Widjonarko many times. He didn't answer my text messages. Once he answered my call, saying he was in Geneva on his way to Amsterdam. I finally met him at Flo Lounge. He agreed to have a short interview. He said he is "a friend" to Major General Muchdi Purwopranjono, a deputy director at the State Intelligence Agency, allegedlly involved in the assasination of human rights campaigner Munir. Widjonarko admitted that he bought the mobile number "0811-900978" used by Muchdi. This number frequently appeared in the trial of the Munir assasination.

When asked how he was involved in the Washington lobby, he responded that the Kawula Alit Nusantara Foundation’s mission was simply “for orphans.” He declined to comment on his relation with Megawati dan Taufik Kiemas. "We're just friends," he said.

Tuesday, May 29, 2007

Bagimana Batulis Yang Biking Bae?

Workshop Pantau
Ternate, Senin 4 Juni 2007 – Kamis 7 Juni 2007


Ini workshop dibiking untuk orang, termasuk wartawan, yang ingin belajar menulis feature atau esai dengan memikat dan mendalam. Kami merancangnya khusus untuk mereka yang ingin tahu bagimana batulis yang biking bae.

Kursus ini diadakan 12 sesi dengan frekuensi harian (pukul 9.00-16.00). Peserta akan membaca lebih dulu, mengerjakan pekerjaan rumah serta banyak diskusi. Jumlah peserta maksimal 20 orang. Kursus ini ditekankan pada banyak latihan. Ada sesi dimana kelas dibagi dua, masing-masing 10 orang, agar diskusi lebih leluasa.

Setiap hari ada tiga sesi, masing-masing 90 menit, dengan pembagian 9.00-10.30, 11.00-13.30 dan 14.30-16.00. Makan siang diadakan selama satu jam pukul 13.30-14.30.

Workshop ini disponsori Umverteilen Stiftung dari Berlin sehingga peserta bisa ikut dengan gratis. Peserta dipilih dari mereka yang punya bakat menulis serta tinggal di sekitar Ternate, Tobelo, Soasiu, Jailolo, Sanana, Morotai, Bacan, Kao dan sekitarnya. Kami membiayai biaya makan dan akomodasi di Ternate. Peserta membayar sendiri biaya transportasi ke Ternate.

Peserta juga terbiasa dengan dunia tulis-menulis. Entah menulis di blog, makalah, buku harian atau media. Mereka juga terbiasa melakukan riset dan akrab dengan internet. Latar belakang bisa dari berbagai disiplin ilmu, minat atau profesi. Peserta juga lancar membaca naskah dalam bahasa Inggris karena banyak materi kursus dari bahasa Inggris. Peserta juga terbiasa dengan idealisme dalam dunia jurnalisme (tidak membiasakan dirinya dipengaruhi nara sumber dengan uang maupun bentuk lain).

INSTRUKTUR

Linda Christanty wartawan Banda Aceh, pernah bekerja di majalah Pantau (Jakarta). Ia menang beberapa penghargaan antara lain Khatulistiwa Award (2005) untuk kumpulan cerita pendek Kuda Terbang Mario Pinto. Kini ia memimpin sindikasi feature Pantau dari Banda Aceh.

Agus Sopian redaktur pelaksana mingguan Jurnal Indonesia, pernah bekerja untuk majalah Pantau dan harian Bandung Pos, kini juga wakil ketua Yayasan Pantau di Jakarta.

Adnan Amal orang Ternate kelahiran Galela, pensiunan seorang hakim, kini dosen Fakultas Hukum Universitas Khairun di Ternate serta petani di Galela, menulis buku Maluku Utara: Perjalanan Sejarah (2 jilid) bersama Irza Arnyta Djafaar.

Fadriah Syu’aib (Ternate) dan Eva Danayanti (Jakarta) bertanggungjawab terhadap urusan keuangan, seleksi, logistik dan promosi.

SILABUS

HARI PERTAMA SESI PERTAMA DAN KEDUA (4 Juni 2007)
Perkenalan, pembagian dua kelas, pembicaraan silabus dan diskusi soal jurnalisme dasar, isu tentang “objektivitas” wartawan dengan membahas “Sembilan Elemen Jurnalisme” dari Bill Kovach dan Tom Rosenstiel serta membandingkannya dengan praktik jurnalisme di Jakarta a.l. byline, firewall, advertorial. (Agus Sopian, Linda Christanty, Eva Danayanti)

Bacaan: Resensi buku “Sembilan Elemen Jurnalisme” oleh Andreas Harsono (kalau tertarik baca bukunya The Elements of Journalism atau versi Indonesia Sembilan Elemen Jurnalisme karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel)

SESI KETIGA
Bagaimana bikin deskipsi? Peserta akan diminta membaca beberapa deskripsi. Kelas akan dibagi dua. Bagaimana melaporkan pandangan mata? Apakah boleh memakai kata “saya” dalam pandangan mata? Bagaimana dengan objektifitas? (Linda Christanty dan Agus Sopian)

Bacaan: ”Kejarlah Daku Kau Kusekolahkan” karya Alfian Hamzah, ”Panglima, Cuak, dan RBT” dan ”Sebuah Kegilangan di Simpang Kraft” karya Chik Rini, dan ”Orang-orang Di Tiro” karya Linda Christanty.

HARI KEDUA SESI KEEMPAT (5 Juni 2007)
Diskusi tentang prinsip-prinsip dasar dalam melakukan reportase dan wawancara, membedakan mana yang fakta dan mana yang fiksi? (Linda Christanty dan Agus Sopian)

Bacaan: ”Ten Tips For Better Interview” (www.ijnet.org), ”Wawancara, Wartawan, dan Ratu Kecantikan” oleh Esti Wahyuni dan Andreas Harsono

SESI KELIMA
Diskusi soal perang-perang di Maluku. Kini beberapa tahun sudah berlalu, sudah ada peneliti independen menulis soal perang di Maluku. Kita akan melihat bagaimana mereka melihat peperangan tersebut. Gerry van Klinken seorang peneliti KITLV Leiden. (Linda Christanty dan Agus Sopian)

Gerry van Klinken, "The Maluku Wars: Bringing Society Back In," Indonesia 71, (April 2001); 1-26

SESI KEENAM
Bagaimana bersikap independen dari nara sumber? Bagaimana melihat wartawan yang ikut politik? Kelas akan dibagi dua dengan banyak diskusi. (Linda Christanty dan Agus Sopian)

Bacaan:”Independensi Bill Kovach” oleh Andreas Harsono ”Wartawan Atau Politikus” oleh Andreas Harsono

HARI KETIGA SESI KETUJUH (6 Juni 2007)
Diskusi menggali, mengembangkan, dan menajamkan ide laporan, serta menemukan fokus dan angle. Bagaimana cara mencari sudut penulisan? (Linda Christanty)

Bacaan: Silahkan membandingkan beberapa laporan dari buku “Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat.” Contoh-contoh ini memang lebih panjang dari kebanyakan naskah. Namun mereka bisa dipakai sebagai contoh bagaimana mempertajam liputan.

SESI KEDELAPAN
Diskusi soal perang-perang di Maluku. Chris Wilson menekankan sengketa di Maluku Utara berbeda dengan Maluku Selatan. Di Maluku Utara dominan sengketa etnik Kao dan Makian di Malifut. Christopher R. Duncan berpendapat dari studinya di Halmahera, Morotai, Ternate dan Tidore, bahwa sengketa ini sangat rumit, tumpang tindih antara agama, etnik, adat dan selebaran gelap. (Adnan Amal dan Linda Christanty)

Bacaan: Chris Wilson, “The Ethnic Origins of Religious Conflict in North Maluku Province, Indonesia, 1999-2000,” Indonesia 79 (April 2005), 69—91. Christopher R. Duncan, “The Other Maluku: Chronologies of Conflict in North Maluku,” Indonesia 80 (October 2005), 53—80.

SESI KESEMBILAN
Diskusi soal perang-perang di Maluku. Patricia Spyer dari Universitas Leiden mengemukakan thesis bahwa peperangan di Maluku terjadi sebenarnya lebih karena miskomunikasi. Gosip berubah jadi kenyataan. Peranan wartawan berubah dari pembaca informasi jadi penyebar gosip. (Linda Christanty)

Bacaan: Patricia Spyer, "Fire Without Smoke and other phantoms of Ambon's violence," Indonesia 74; 21-36.

HARI KEEMPAT SESI KESEPULUH (7 Juni 2007)
Diskusi bersama Adnan Amal soal peranan media, selebaran gelap, radio komunikasi, telepon dan SMS dalam perang di Maluku Utara. Bagaimana wartawan harus bekerja bila kelak ada peristiwa serupa? (Linda Christanty)

SESI KESEBELAS
Diskusi soal bagaimana menulis yang biking bae di Maluku Utara? Mengapa belum ada penulis atau wartawan Maluku Utara yang menulis analisis panjang soal sengketa 1999-2001 itu? Bagaimana peranan wartawan yang ideal agar sengketa itu tak terulang lagi? (Linda Christanty)

SESI KEDUABELAS
Tanya jawab dan perpisahan (Linda Christanty dan Eva Danayanti)

Wednesday, May 23, 2007

Menjawab Sapariah Saturi-Harsono


Untuk Sapariah,

Aku kira keputusan kamu untuk tak menurunkan profil usaha Puspo Wardoyo di halaman Jurnal Nasional punya dasar yang benar. Keputusan ini tak bisa dikategorikan self-censorship mengingat naskahnya tidak sempurna. Artinya, naskah itu sengaja tak mengungkap sisi buruk praktek poligami Puspo Wardoyo.

Keputusan reporternya untuk "hanya mengambil sisi positif dari sukses berbisnisnya" Puspo Wardoyo, justru menghasilkan laporan yang kebenarannya terdistorsi (distorted). Si reporter justru melakukan self-censorship terhadap satu sisi hidupnya Puspo Wardoyo.

Jurnalisme yang bermutu berhak menolak menerbitkan naskah yang sifatnya sexist, racist maupun sectarian. Logikanya, laporan jurnalistik harus usaha selalu tampil proporsional sekaligus komprehensif. Artinya, naskah yang tersurat atau tersirat sexist, racist atau sectarian adalah naskah yang tak tampil komprehensif dan proporsional. Naskah beginian bikin masalah.

Namun pertama-tama kita harus sepakat dulu bahwa sexism, racism, sectarianism adalah paham-paham yang keliru dan berbahaya untuk masyarakat kita. Paham-paham ini intinya memandang rendah orang-orang tertentu karena jenis kelaminnya (perempuan), orientasi seksual (gay atau lesbian), etniknya atau orientasi keagamaannya (Ahmadiah, Kejawen, Sunda Wiwitan, Komunitas Eden, Kaharingan dan lainnya).

Wartawan bisa menurunkan cerita tentang orang yang sexist, racist atau sectarian bila pandangan itu sendiri yang jadi focus dari laporan si wartawan. Namun kalau focusnya bukan pada pandangan mereka, seorang wartawan harus ekstra hati-hati agar laporannya bukan malah menyajikan informasi yang terdistorsi.

Puspo Wardoyo adalah seorang lelaki yang dikenal punya dua sisi. Pertama, dia seorang pengusaha sukses, pemilik restoran Wong Solo, yang cabangnya ada dimana-mana. Aku pernah makan di cabang mereka di Medan. Kedua, dia dikenal sering mempromosikan poligami. Artinya, dia juga tergolong sexist. Dia pernah mengeluarkan kalimat yang sensasional.

Misalnya

"Mindset istri pertama itu yang harus diubah. Harus ditanamkan kepadanya, istri yang baik dan saleh adalah tunduk terhadap suami, taat dan bisa menyenangkan suami. Ia harus rela dan malah bahagia suaminya beristri lagi."

"Kalau cuma satu istri, dia bisa seenaknya sendiri, karena tidak ada saingannya. Namun kalau beristri lebih dari satu, masing-masing istri akan bersaing untuk lebih mempercantik diri lebih dicintai suami."

Pilihan profil usaha Puspo Wardoyo potensial mengaburkan atau mendistorsi kebenaran dari cerita kehidupan Puspo Wardoyo. Seakan-akan dia ini hanya "sukses" tanpa melihat sisi lain poligami. Ini bisa paralel dengan memilih seorang pengusaha yang rasialis. Ini bisa paralel dengan memilih seorang pengusaha yang sektarian.

Misalnya, bagaimana sikap kita kalau media kita hendak menurunkan feature tentang satu pengusaha yang sentimen terhadap orang Tionghoa. Isinya melebar terhadap orang Tionghoa umumnya? Biasanya dibumbui dengan kata "pribumi" dan "non-pribumi."

Frasa Tionghoa ini bisa diubah dengan kata lain. Misalnya, "pengusaha Bugis" atau "tentara Jawa" atau "polisi Batak" dan seterusnya. Sedang kata "non-pribumi" bisa dengan mudah diganti jadi "pendatang" atau lawannya "putra daerah" maupun "penduduk asli." Semuanya berujung pada rasialisme. Bagaimana kalau tokoh yang kita tampilkan mempromosikan rasialisme? Apakah kamu melakukan self-censorship bila menolaknya?

Atau bagaimana sikap kita kalau kita hendak menurunkan feature tentang satu pengusaha Amerika WASP (White, Anglo Saxon, Protestant), yang terkenal karena ketidaksukaannya pada Islam? Aku banyak sekali punya contoh beginian. George W. Bush, sebelum presiden Amerika juga seorang pengusaha, beberapa kali mengeluarkan kata-kata yang nggak benar. Dia misalnya memakai kata "crusade" untuk "memerangi terorisme," seakan-akan membangkitkan makna Perang Salib soal Islam dan Kristen pada kasus World Trade Center. Bush memakai kata "articulate" untuk Barack Obama, seakan-akan Obama, yang lulus doktoral dari Harvard Law School, tak bisa bicara bahasa Inggris fasih. Ini hinaan yang terselubung terhadap orang kulit hitam.

Kalau pun kita terpaksa harus menurunkan laporan tentang pengusaha-pengusaha yang sexist, racist atau sectarian, maka prinsip yang harus kita perhatikan adalah proporsionalitas dan komprehensif. Artinya, kita harus menurunkan laporan yang detail tentang paham-paham mereka yang salah itu.

Misalnya, si reporter juga interview isteri-isteri dan anak-anak Puspo Wardoyo dan cerita soal sisi negatif dari praktek poligami Puspo. Kalau si reporter bisa memasukkan sisi-sisi destruktif dari poligami ini, aku kira, feature itu bolehlah untuk dilihat lebih jauh. Tapi tanpa interview sisi negatif Puspo Wardoyo, aku kuatir, kalian akan menurunkan laporan yang distorted.

Itupun si reporter harus memasukkan pendapat bahwa poligami adalah praktek perkawinan yang merugikan institusi keluarga. Ini setara dengan sikap kritis terhadap rasialisme dan sektarianisme dengan menyebutkan paham-paham itu merugikan prinsip hidup bersama dalam satu negara dan bangsa.

Kalau kita memilih Puspo Wardoyo untuk feature bisnis, tanpa mengkaitkannya dengan poligami, "hanya mengambil sisi positifnya," kita justru akan menciptakan informasi yang distorted. Paralel dengan kalau kita menurunkan feature yang rasialis atau sektarian padahal maksudnya (secara salah) adalah feature bisnis. Ini kelemahan kebanyakan wartawan di Indonesia, seolah-olah "hanya mengambil sisi positif" tanpa sadar bahwa pilihan itu justru menonjolkan sisi negatif.

Akhir kata, kita juga harus sadar bahwa Puspo Wardoyo maupun figur lain sejenisnya tahu benar bahwa mereka bisa mempromosikan kedua visi mereka --"poligami dan bisnis" atau "rasialisme dan bisnis" atau "sektarianisme dan bisnis"-- lewat media justru karena sikap politik yang kontroversial tersebut. Wartawan pasti tertarik pada kontroversi. Secara tidak langsung, wartawan yang bikin feature itu membantu promosi bisnisnya plus pandangan sempitnya itu. Ini iklan gratis untuk sexism, racism dan sectarianism.

Aku kira kalau kita mau membangun reputasi sebagai wartawan yang solid, yang tahu mana yang metodologis dan mana yang bakal mencoreng reputasi kita, naskah itu sebaiknya memang diperbaiki atau tak dimuat. Jurnalisme bermutu tak mau menciptakan distorsi yang begitu serius dalam masyarakat kita. Terima kasih untuk diskusi yang penting ini.

Sunday, May 20, 2007

Beda G30S dan G30S/PKI


Fakta-fakta sejarah seputar Gerakan 30 September 1965 penuh dengan perdebatan. Berdebat sih boleh namun pada masa Orde Baru, rezim Soeharto melarang buku-buku yang mendebat versi mereka. Bahkan hingga hari ini, pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih melarang buku sejarah anak sekolah menulis "G30S" (tanpa PKI). Rezim Soeharto menimpakan kesalahan pada Partai Komunis Indonesia. Mereka dicap mendalangi Letnan Kolonel Untung dan kawan-kawan menculik beberapa jenderal.

Saya membaca buku-buku sejarah versi Nugroho Notosusanto, kepala Pusat Sejarah ABRI, untuk tahu detail apa yang terjadi malam itu. Notosusanto intinya mengatakan D.N. Aidit dari Politbiro PKI mendorong Untung dan kawan-kawan untuk menculik para jenderal lewat pekerjaan "Biro Khusus."

Namun saya juga membaca beberapa buku karya-karya Benedict Anderson, Ruth McVey, Rex Mortimer, George McT. Kahin dan belakangan juga sejarahwan dari Jakarta macam Asvi Marwan Adam atau pelaku seperti Kolonel A. Latief. Mereka secara detail mempertanyakan versi Notosusanto. Saya takkan mengulangi argumentasi ini. Resminya, buku-buku McVey, Mortimer dan lainnya masih dilarang negara Indonesia. Anderson menulisnya secara singkat dalam Petruk Dadi Ratu.

Dari bacaan-bacaan itu, saya memutuskan bila menulis untuk audiens Indonesia memakai frasa "G30S" (bukan "G30S/PKI). PKI belum pernah dibuktikan di depan pengadilan terlibat dalam G30S walau beberapa pemimpin mereka (termasuk D.N. Aidit) tahu rencana Letnan Kolonel Untung menculik para jenderal. Kini juga sudah terbukti, Soeharto bertemu dengan Kol. Latief pada 30 September 1965, serta kemungkinan besar tahu rencana ini.

Tapi kita toh tidak menulis G30S/Soeharto? Paralel dengan argumentasi G30S/PKI ini, kita tak menulis PRRI/PSI atau PRRI/Masjumi walau Soemitro Djojohadikoesoemo (tokoh PSI) terlibat PRRI atau Muh. Natsir (tokoh Masjumi) juga terlibat PRRI? Atau lebih parah lagi, kalau kita menganggap Orde Baru adalah orde fasis militeristis yang bikin Indonesia bangkrut, kita toh tak menulis Orde Baru/Golkar atau Orde Baru/ABRI bukan?

Sayang memang tak ada pengadilan terhadap PKI. Namun Soeharto masih hidup. Saya kira Soeharto masih bisa ditanyai berbagai pertanyaan yang masih menganga dari G30S.

Monday, May 14, 2007

Agama Saya Adalah Jurnalisme


Saya lihat semua negara yang mencampur urusan negara dengan agama tak ada yang beres. Misalnya Afghanistan, Pakistan, Arab Saudi, Iran, dan lainnya. Di dunia ini tak ada negara yang agamanya seragam. Selalu ada banyak agama minoritas. Isunya adalah bagaimana memperlakukan mereka kalau salah satu agama dijadikan dasar bernegara? Saat itu juga akan ada agama lain yang menjadi kelas dua.

Saya percaya bahwa jurnalisme sangat berguna untuk kebaikan masyarakat. Kalau masih ditanya juga soal apa agama saya? Saya akan jawab: agama saya adalah jurnalisme. Demikian pernyataan Andreas Harsono, ketua Yayasan Pantau, kepada Kajian Islam Utan Kayu (KIUK) di Kantor Berita Radio 68H Jakarta, Kamis (3/5) lalu.


Mas Andreas, bagaimana sosialisasi keberagamaan Anda di masa kecil?

Saya lahir dari keluarga Tionghoa di kota Jember, sebuah kota perkebunan tembakau. Orang sana dapat duit dari tembakau. Mayoritas penduduknya campuran Jawa-Madura, dan mereka pengikut NU. Saya termasuk generasi ketiga keluarga yang hidup di sana. Sejarahnya, engkong dan emak saya datang dari sebelah selatan Tiongkok, di daerah dekat Guang Dong. Seperti kebanyakan orang Tionghoa, kami dibesarkan dalam agama Konghucu. Jadi, saya tahu ada kelenteng, ada liang liong (tarian naga) di Jember.

Pada tahun 1971, waktu saya masih kecil, pernah ada pertunjukan liang liong yang besar sekali. Kebetulan, ayah saya adalah ketua panitianya. Nah, saya besar dalam situasi perubahan pasca tahun 1965. Pelan-pelan suasana itu makin lama makin sulit. Agama Konghucu lalu tidak diakui pemerintah. Kelenteng kami harus diganti vihara.

Apa implikasi dari tidak adanya pengakuan terhadap agama Konghucu itu?

Nama harus diganti dengan nama Indonesia. Itu peraturan pemerintah yang menetapkan bahwa semua orang Tionghoa harus diganti namanya. Nama saya dulunya adalah Ong Tjie Liang. Waktu itu kita susah juga, “Bagaimana nama harus diganti?” Ayah saya lalu pergi ke seorang guru Jawa yang diaggap baik di Jember. Beliau mengusulkan nama ayah diganti jadi Harsono.

Sementara ibu saya, karena tidak bebas memilih agama, dan kebetulan punya pengaruh Kristen dari keluarganya, memilih masuk gereja. Ibu memang lebih religius daripada ayah. Dia memilih Kristen sebagai agamanya. Kemudian, anak-anaknya diberi nama-nama Kristen semua. Saya dapat nama Andreas, nama salah satu muridnya Iesus (Yesus atau Iesa atau Jesus).

Tampaknya ada banyak akal untuk menyiasati hambatan negara terhadap kebebasan beragama. Trik-trik apa yang dilakukan keluarga Anda untuk mengungkapkan ekspresi keberagamaan?

Ya, pragmatis saja. Yang penting selamat. Kita tidak mungkin melawan negara yang begitu besar ini. Kami juga sadar bahwa kami adalah minoritas kecil. Mempertahankan Konghucu sebagai agama untuk dianut, ya tidak mungkin. Jadi, ya pindah agama lain. Memang ada juga yang mempertahankan Konghucu secara diam-diam. Mereka sebenarnya cukup banyak. Tapi, ya tetap sulit. Sama sulitnya dengan belajar bahasa Mandarin. Orang akan sulit belajar agama Konghucu kalau belajar bahasanya saja juga dilarang. Akhirnya, kemampuan berbahasa itu hilang.

Sekarang, ketika sudah dewasa, saya bertanya Guan Gong (atau Guan Yu - 關羽) itu siapa, ya? Saya pernah ingat tiga dewa: Guan Gong, Zhang Fei (翼德), sama satu lagi, saya lupa. Sebetulnya, ada keinginan untuk tahu siapa dewa-dewa tersebut. Tapi karena tidak pernah belajar, tidak pernah tahu, tidak pernah bisa membaca kitab-kitab keagamaan, jadinya tidak tahu. Anda bisa bayangkan bagaimana kalau Anda hidup dalam sebuah negara di mana Islam bukan agama yang diakui negara? Mungkin saja, Anda tak bisa membaca Alquran, tidak boleh tahu cerita Nabi Muhamad, dan lain sebagainya. Anda bisa bayangkan itu. Sebab, melawan berarti melanggar hukum.

Di tengah hambatan-hambatan seperti itu, Anda hidup dan berkembang dalam agama apa?

Campur-campur. Saya masuk sekolah Katolik. Di sekolah Katolik itu ada pelajaran agamanya. Memang, sebenarnya ada maksud dari mereka agar kita masuk Katolik. Mama saya masuk Kristen Protestan. Dia masuk ke Kie Tok Kauw Tjong Hwee. Itu gereja Jawa-Tionghoa. Sekarang namanya Gereja Kritus Tuhan. Saya juga dikirim ke sana. Mereka bikin saya baik-baik karena dalam kehidupan bermasyarakat selalu terjadi interaksi.

Tapi kehidupan orang tua saya kurang baik. Mama sering bertengkar dengan Papa. Dan akhirnya berpisah. Tetapi sebelum bercerai, saya sempat dekat dengan dua orang pegawai Papa. Satu di toko, yang lain di rumah. Dua-duanya orang Madura. Satunya bernama Syafe'i, dan satunya lagi Mbok Wi atau Bek Wi. Itu karena anaknya bernama Sarkawi. Orang Madura sering dipanggil dengan nama anaknya. Jadi, Bek Wi itulah yang sebenarnya membesarkan saya. Saya sering tidur di rumahnya, dan dia juga sering membawa saya ke pesantren. Jadi campur-campur semua. Tapi semua saya ikuti.

Anda juga coba mengenal lingkungan yang dominan Islam tradisional, ya?

O, ya. Saya bisa bahasa Madura, bahasa Jawa, sedikit Mandarin lalu bahasa Inggris tentu. Kaum minoritas yang tertindas di mana-mana di seluruh dunia, baik Yahudi, orang Jawa di Suriname, atau orang hitam, selalu harus fleksibel dan mesti belajar sebanyak mungkin dari masyarakat sekelilingnya.

Tapi tak mungkin menanamkan keyakinan agama yang betul-betul ketat, ya?

Nggak juga. Saya belakangan sadar bahwa kita tetap bisa belajar agama apapun sebanyak mungkin. Tidak hanya satu. Dan itu menurut saya lebih baik. Untuk anak kecil, dia bisa melihat sendiri. Akhirnya, dia bisa memilih sendiri. Sampai sekarang, saya selalu merasa senang kalau melihat orang salat sendiri dengan syahdu, atau zikir sendirian. It's beautiful! Saya belajar banyak hal dari itu.

Ketika kuliah, saya mulai belajar soal kemanusiaan, filsafat, belajar Socrates, belajar Plato, dan lain-lain. Saya juga sempat kuliah di Universitas Harvard. Salah satu mata kuliah di sana yang saya sukai bernama Justice: A Journey in Moral Reasoning (dosennya Michael J. Sandel). Dan sejak saat itu, saya berpikir banyak ... yang namanya kemanusiaan.

Kapan Anda keluar Jember dan melihat dunia luar yang lebih beragam?

Saya tinggal di Jember sampai umur 15 tahun. Saat SMA, saya dikirim ke kota Malang. Di sana saya sekolah di sekolah Katolik lagi. Namanya SMAK Sint. Albertus; sebuah sekolah tua dari zaman Belanda. Setelah itu saya kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Nah, ini sekolahan Protestan. Tapi waktu itu, dosennya bagus-bagus. Ada Arief Budiman, George Junus Aditjondro, Ariel Heryanto, Nico L. Kana, Broto Semedi, N. Daldjoeni. Ada juga Pendeta Sutarno yang sangat renaissance dan Pendeta Probowinoto yang mendirikan Partai Kristen Indonesia. Dia pernah bersama-sama dengan Mohammad Hatta saat di Belanda.

Kalau dipikir-pikir lagi, apakah agama masih penting buat Anda?

Untuk pribadi, saya kira masih penting. Tapi untuk urusan negara, tentu tidak penting. Saya kira, negara tidak perlu ikut campur urusan agama warganya. Harus ada pemisahan yang jelas. Negara hanya berkewajiban mengurusi kebutuhan warganya menyangkut kehidupan bersama, seperti mengatur saluran telepon, saluran air bersih, jalan yang bagus, tidak banjir, perasaan aman, jaminan hukum, dan tidak diskriminatif. Kalau urusan agama, itu biarlah menjadi urusan masjid, gereja, madrasah dan pesantren, vihara, klenteng dan sebagainya.

Tapi ada yang berpikir kalau agama juga diurus negara, dia akan lebih berkembang dan membuat negara makin baik …

Justru terbalik. Orang-orang yang ingin memaksakan ini akan merusak negara dan takkan membuat negara makin baik. Orang ini hanya ingin negara ikut campur mengatur agama. Negara diminta mewajibkan pelajaran agama di sekolah-sekolah negeri. Di zaman Sukarno, di sekolah negeri tidak dibolehkan adanya pelajaran agama apapun. Menurut Daoed Joesoef, mantan menteri pendidikan, sejak zaman Orde Baru diadakan pelajaran agama di sekolah-sekolah negeri. Sebenarnya, ini kebijakan yang keliru. Itu membuat negara makin lama makin kacau.

Dalam pengembaraan Anda melihat ekspresi keberagamaan beragam masyarakat di hampir seluruh Indonesia, apakah agama dianggap cukup penting?

O, ya. Di Indonesia, agama itu penting. Tapi di Indonesia yang bagaimana dan dimana dulu, tentu harus kita tanya. Indonesia begitu beragam. Secara geografis, Indonesia punya empat bahkan lima time zone. Seharusnya ada lima tapi dibuat tiga saja. Nah, di lima kawasan ini, dari Aceh sampai Papua, ada lebih dari 500 bahasa. Di Pulau Miangas yang dekat dengan Mindanao misalnya, ada bahasa Talaud. Bahasa Tomea dan bahasa Binongko di kepulauan Wakatobi, bahasa Rote, ratusan di Papua dan lain-lain. Jadi kalau negara mau ngurusin agama, saya kira yang pertama-tama terjadi adalah penindasan terhadap agama-agama kecil seperti Kaharingan, Parmalim (Batak), Kejawen (Jawa), dan lain-lain. Kedua, itu akan jadi sumber korupsi. Makin panjang birokrasinya, dari urusan haji sampai bikin KTP, ada urusan negaranya, maka ada peluang korupsi.

Mas Andreas, ada semacam stereotipe yang menyebut orang Tionghoa agak tertutup dalam pergaulan dengan etnis lain. Apa penjelasan Anda?

Ada dua teori untuk menjawab soal ekslusivitas orang minoritas. Saya mulai dari cerita. Saya pernah mengajar di IAIN Al-Raniry Banda Aceh. Nah, di Banda Aceh itu ada semboyan yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia itu sebetulnya tidak ada. Yang ada adalah "bangsa Jawa" dengan nama samaran "bangsa Indonesia". Dan, bangsa Jawa itulah yang menjajah Aceh.

Di Aceh juga ada banyak transmigran dari Jawa. Pada suatu saat, salah satu mahasiswa saya tanya. "Teungku Andreas, mengapa orang-orang Jawa tidak mau bergaul dengan orang lain? Kalau ngomong, mereka tetap pakai bahasa Jawa. Bahkan, kawin pun harus dengan orang Jawa. Mereka juga tidak mau bergaul," katanya.

Saya jawab, "Ya biasa bukan? Orang itu, ya begitu!" Orang minoritas pertama-tama harus bergelut lebih kuat dibanding yang mayoritas. Itu karena posisi mereka kecil. Tidak punya keluarga. Dan mereka harus bekerja lebih keras. Kalau kita lihat para pendatang di Papua, baik dari orang Bugis, Batak, Jawa, dan lain-lain, mereka juga termasuk pekerja-pekerja keras. Kebanyakan berhasil walau banyak juga yang bobrok. Di mana-mana, orang minoritas itu seperti itu. Karena bekerja terlalu keras, mereka lupa bersosialisasi.

Di Aceh, banyak sekali orang Jawa yang bisa bahasa Aceh. Sama halnya dengan orang Tionghoa di Jawa yang bisa bahasa Jawa, Sunda, dan seterusnya. Jadi biasalah itu. Meskipun kadang kita jengkel juga kalau melihat orang Tionghoa yang hanya mikirin kerja dan seterusnya. Tapi yang penting, mereka tidak bunuh orang, tidak melakukan kekerasan, tidak melanggar hukum. Itu yang penting.

Tapi selalu ada perasaan tidak aman gitu ya?

Ya, tentu. Itu terjadi di mana-mana. Misalnya orang-orang Madura di Kalimantan. Mereka didiskriminasikan secara luar biasa. Tidak ada diskriminasi (etnik) yang lebih besar di Indonesia sehebat yang dialami orang Madura di Kalimantan. Dari Pontianak sampai Samarinda. Tapi mereka juga bekerja keras. Dan saya tahu, betapa kerasnya mereka bekerja. Kadang-kadang sampai disalahmengerti tetangganya. Ya, mereka dianggap tidak peduli dengan tetangga, karena jarang bergaul.

Bagaimana Anda memandang Pancasila sebagai ideologi bernegara?

Saat Indonesia hendak didirikan, terjadi perdebatan keras sekali soal dasar negara. Ini terjadi sejak 1930an. Ada yang mengatakan Islam, karena perdebatannya berlangsung di Jawa dan penduduk Jawa mayoritas Islam. Kalau saat itu Hindia Belanda berpusat di Minahasa, mungkin dasar yang akan dibahas Kristen. Tapi kira-kira, waktu itu yang diangkat adalah Islam. Itu tawaran pertama. Dasar negaranya Islam.

Paham kedua namanya sekularisme. Tapi karena ada kompromi atas nama nasionalisme, maka ideologi itu dinamakan Pancasila. Tapi esensinya adalah sekularisme, yaitu prinsip dimana agama dan negara dipisahkan. Kalau agama dan negara dicampur, maka negara akan tidak netral dan menjadi rebutan banyak orang. Islam akan merebut, Kristen akan merebut, Hindu akan protes, dan sebagainya.

Saya melihat, semua negara yang mencampur negara dengan agama, tidak ada yang beres. Misalnya Afghanistan, Pakistan, Arab Saudi, Iran, dan lainnya. Persoalan yang muncul selalu soal minoritas. Dalam suatu negara, selalu ada banyak agama minoritas. Nah, isunya adalah bagaimana memperlakukan mereka kalau salah satu agama dijadikan dasar bernegara? Saat itu juga akan ada agama lain yang menjadi kelas dua.

Dan, perlakuan negara terhadap salah satu agama sebagai agama kelas dua adalah bentuk diskriminasi. Kalau suatu negara sudah melakukan diskriminasi, pasti itu sudah tak beres. Dulu, di Indonesia ada perdebatan tentang Piagam Jakarta. Soekarno melarang sekolah-sekolah negeri ajarkan agama. Tapi untuk kompromi politik, dia tetap mengizinkan adanya Departemen Agama. Yang minta waktu itu adalah KH Wahid Hasjim, almarhum bapaknya Gus Dur. Katanya untuk menjembatani urusan agama (Islam) dan negara.

Ada empat orang penting di masa itu: Wahid Hasyim, Kasman Singodimedjo, Mohammad Hasan (dari Aceh) dan Bagoes Hadikoesoemo. Mereka minta dibikin Departemen Agama pada 19 Agustus 1945. Tapi buntut-buntutnya makin tidak beres. Sekarang malah masih ada SKB Tiga Menteri (Surat Keputusan Bersama) yang membuat orang yang ingin membangun rumah ibadah, terutama gereja-gereja, sangat susah. Di Indonesia, selalu ada pembakaran gereja. Antara tahun 1945-1997, jumlahnya sekitar 350-an gereja dan 80 persennya terjadi di Pulau Jawa.

Di Papua, Flores, maupun Minahasa, kalau orang Islam ingin bangun masjid, asal punya duit, ada tanah, ada izin bangunan (bukan izin pendirian tempat ibadah), ya nggak apa-apa. Kadang juga ada hambatan tapi tidak urusan legal. Di Jawa, urusan gereja itu susah sekali. Itu sebenarnya diskriminasi. Itu adalah contoh kehidupan agama dan negara yang dicampur-baur. Akibatnya, kehidupan kenegaraaan kita jadi rumit.

Anda banyak bersinggungan dengan pelbagai agama dan budaya. Dari sekian banyak agama, mana yang paling cocok bagi Anda?

Hari ini saya belum bisa menjawab. Ini adalah perjalanan yang masih panjang. Istri saya seorang Madura yang Muslim. Ayah saya seorang Tionghoa beragama Konghucu. Ibu tiri saya orang Jawa Protestan. Anak saya agamanya Katholik. Ibunya orang Jawa Katholik (mantan isteri). Kebanyakan agama orang Jawa itu juga campur-campur. Kebetulan di keluarga, saya agak dituakan. Jadi agak susah bagi saya kalau harus berpihak kepada salah satu dari mereka. Jadi saya belum dapat menjawab. Mungkin saya akan memberi jawaban kelak kalau saya mau meninggal.

Ada cara-cara pribadi seperti ritual agama yang sering dilakoni?

Pertanyaan yang bagus! Kalau masih ditanya juga soal apa agama saya, saya akan jawab: agama saya adalah jurnalisme. Saya percaya bahwa jurnalisme sangat berguna untuk kebaikan masyarakat.

Karena itu Anda pernah menulis bahwa jurnalisme juga mengandung spiritualitas?

Kutipan itu sebenarnya bukan pendapat saya. Ini adalah pendapat Bill Kovach. Dia seorang guru wartawan asal Albania, warga Amerika Serikat, yang sangat dihormati. Dia seperti saya. Bapaknya Muslim, ibunya Kristen Ortodoks. Dia sendiri menikah dengan seorang perempuan Amerika, Kristen, kulit putih. Beliau berpendapat: makin bermutu jurnalisme di dalam masyarakat, maka makin bermutu pula informasi yang didapat masyarakat bersangkutan. Terusannya, makin bermutu pula keputusan yang akan dibuat. Saya percaya, apabila jurnalisme di Indonesia bermutu, maka kehidupan masyarakat kita juga akan makin bermutu. Persoalannya, di Indonesia ini, semua medianya masih di bawah standar mutu jurnalisme internasional.

Dalam pengamatan Anda, agama itu faktor integrasi atau sebaliknya?

Yang saya tahu, di Indonesia banyak sekali orang bunuh-membunuh dengan mengatasnamakan agama. Itu yang membuat saya sedih. Jangan kira karena orang Aceh, yang sama-sama muslim, tidak saling bunuh-bunuhan dengan orang Jawa. GAM dan TNI itu kan sama-sama muslim? Tapi mereka bunuh-bunuhan? Ini juga terjadi di banyak pulau lain.

Akomodasi agama atas budaya lokal bagaimana?

Setiap agama yang diimpor dari luar, ketika sampai ke daerah baru, pasti akan diadaptasikan. Tidak pernah ada agama yang bisa murni seperti mulanya. Agama impor pasti akan diadaptasi. Jangan salah, para wali Islam itu dakwahnya juga menggunakan wayang dan gamelan. Beragama juga bukan soal zero sum game. Jadi kalau saya yang tadinya Konghucu pindah Kristen, itu tidak akan meninggalkan tradisi Konghucu sepenuhnya. Orang Jawa yang masuk Islam juga tak akan bisa murni meninggalkan kejawen. Selalu ada adaptasi. Jadi campur. Tidak ada yang murni.

Anda sering menyaksikan agama-agama suku di Indonesia. Apa penilaian Anda?

Kebanyakan agama kecil. Tapi mereka kadang lebih khusyuk dalam beragama. Mau memotong pohon saja ada ritualnya. Mau pergi ada doanya. Bahkan saya pernah memperhatikan sebagian mereka sangat dekat dan baik sekali dengan alam. Kalau orang Jakarta ini kan jahat sekali sama alam. Semua orang pakai mobil, semua pakai pendingin udara. Akibatnya, Jakarta tak layak ditempati 8 juta rakyat. Jakarta hancur. Akhirnya orang kena asma dan macam-macam lagi. Ini semua karena orang tidak beragama dengan baik.

Tapi religiusitas orang suku itu lebih sering disebut kearifan lokal, tidak dianggap agama. Karena itu, sering diekspansi...

Itu kan anggapan orang luar. Orang menganggap Sunda Wiwitan itu sebagai kearifan lokal. No! Apa hak kita atas nama agama-agama impor ini untuk mengecam agama lokal itu?! Mereka sama-sama punya hak hidup. Karena itu, saya tak setuju di KTP ada agamanya. Itu suatu bukti tentang intervensi negara di dalam kehidupan agama kita.

Sebuah Kesenangan Kecil

Friday, May 11, 2007

Sebuah Kesenangan Kecil


Pagi ini harian Jawa Pos di Surabaya menerbitkan wawancara aku soal pemisahan agama dan negara. Aku sendiri belum tahu bentuknya bagaimana. Wawancara dilakukan oleh Novriantoni dari Jaringan Islam Liberal dan belakangan ketikannya dimuat Jawa Pos.

Wawancara dilakukan Kamis lalu di studio radio 68-H di Utan Kayu, Jakarta. Siaran langsungnya satu jam, disiarkan beberapa radio. Ada telepon tanggapan masuk dari Timika (Papua), Banten, Jakarta maupun Nusa Tenggara Timur. Intinya, soal bagaimana aku melihat agama. Ia tentu kait-terkait dengan hubungan agama dan negara. Ia juga terkait dengan kebebasan sipil (berpendapat, berserikat, beragama, bekerja, berpergian dan sebagainya), yang wajib hukumnya dalam sebuah demokrasi.

Novriantoni adalah alumnus Universitas al Azhar Kairo. Orang cerdas dan sopan. Pertanyaan-pertanyaannya menukik. Dia tanya misalnya, "Apakah agama adalah faktor yang mempersatukan Indonesia?" Aku duga maksudnya adalah Islam karena agama ini paling banyak dianut warga Indonesia.

Aku jawab bagaimana menerangkan faktor perang Acheh dimana sesama bangsa Muslim, Acheh dan Jawa, berperang lebih dari 600 tahun? Bagaimana menerangkan orang-orang Madura, yang dibunuh dan diusir oleh orang Melayu di Sambas? Aku cerita dari pengalaman liputan aku. Ketika orang-orang Madura dikejar-kejar dengan mandau, mereka melarikan diri dan teriak, "Allahu akbar, Allahu akbar." Menariknya, para pemburu mereka, milisi-milisi Melayu Muslim, juga meneriakkan, "Allahu akbar ... Allahu akbar."

Kesultanan Ternate dan kesultanan Tidore juga sama-sama Islam. Tapi mereka bersaing dan berperang selama 800 tahun, melibatkan Portugis dan Spanyol, hingga hari ini saat terjadi sengketa sektarian, Islam versus Kristen, di kepulauan itu pada 1999-2001. Saling membunuh ini punya background dendam Ternate versus Tidore.

Anakku satu-satunya, Norman, aku ajak main ke Utan Kayu. Kami memang tak ada yang khusus mengasuh Norman di apartemen. Isteriku, Sapariah, juga bekerja sebagai wartawan. Norman juga ingin lihat-lihat lagi kantor dimana papanya dulu bekerja. Dulu Norman suka main disana ketika masih kecil. Dia ingat Kedai Tempo, tower radio 65-H dan kenalan-kenalan kami di Utan Kayu. Kami makan siang disana. Norman main dengan Ade Juniarti serta rekan-rekan lain ketika aku masuk studio.

Intinya, aku bilang bahwa negara Indonesia ini harus dipisahkan dari urusan-urusan agama. Negara harus berjarak dari agama. Negara modern, kalau kita belajar teori nation-state, yang mula-mula berkembang di Prancis dan Amerika Serikat, ya harus memisahkan agama dari negara. Logikanya, tak ada negara modern yang kehidupan agama para warganya homogen. Selalu ada keragaman dalam beragama. Bahkan negara mungil macam Timor Lorosae juga tak homogen keberagamaannya. Negara Indonesia, sayangnya, sejak awal sudah mencampurkan agama (Islam) dengan negara.

Aku singgung juga soal apa yang disebut sebagai Piagam Jakarta dengan tujuh katanya yang terkenal itu. Mohammad Hatta, wakil ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia, pada 18 Agustus 1945, pagi hari, memang minta empat anggota lain --Mohammad Hasan, Bagoes Hadikoesoemo, Wahid Hasjim dan Kasman Singodimedjo-- untuk minta ketujuh kata itu dihilangkan dari konstitusi. Namun isu itu tak berakhir pagi itu.

Masih banyak aturan muncul dimana agama dicampur urusan negara. Mulai dari berdirinya Departemen Agama hingga pendidikan agama di sekolah-sekolah negeri. Mulai dari sulitnya membangun "rumah ibadah" hingga pencantuman agama pada kartu tanda penduduk. Belum lagi aturan-aturan daerah soal apa yang disebut "syariah Islam" --umumnya urusan mewajibkan perempuan pakai jilbab, razia perjudian, pelacuran, tanpa masuk ke kejahatan yang jauh lebih jahat, dari pembunuhan massal hingga korupsi tingkat raksasa, yang para pelakunya justru orang-orang kuasa. Ini bukti agama dicampurkan dengan negara.

Menariknya, pagi ini ketika Jawa Pos menerbitkan wawancara Novriantoni, tiba-tiba ada SMS berdatangan dari Jawa Timur. Sapariah mula-mula yang membaca pesan-pesan ini. Mulanya kami bingung. Sapariah tanya, "Kapan pula Mas kirim naskah ke Jawa Pos?" Baru belakangan kami ngeh kalau ini adalah wawancara.

Aku sendiri berasal dari Jember, pernah sekolah di Malang dan sering pergi ke Surabaya. Aku punya banyak kenalan dan saudara di Jawa Timur. Jawa Pos adalah suratkabar terbesar di Jawa Timur. Banyak kenalan dan saudara aku pelanggan harian ini. Ia sebenarnya bukan suratkabar yang serius namun sangat populer. Jawa Pos selalu mengingatkan aku pada The West Australian terbitan Perth. Sama-sama model tabloid, agak sensasional, namun sangat populer.

Lalu Sapariah dan aku menelepon keluarga di Jember. Papaku bilang pagi ini ada teman lamanya, Cek Pen, menelepon pagi-pagi dan bilang, "Kiong Hie ya." Ini bahasa Hokkian, artinya, "Selamat" atau "Congratulation." Cek Pen ikut senang anak temannya mlebu koran (masuk koran).

Nama sebenarnya adalah Zhe Fen namun ketika kecil, aku memanggilnya Cek Pen, dari kata "Encek Pen" alias "Paman Pen." Papa juga bilang ada anak kost di rumahnya yang kasih Jawa Pos kepadanya.

"Lu dibayar piro ambek Jawa Pos?"

Aku tersenyum. Aku jawab suratkabar tidak membayar sumbernya. Aku dengar dari balik telepon ada orang sekitar Papa tertawa terbahak. Mereka semuanya geli kok masuk koran tapi tidak dibayar? Atau sebaliknya, mentertawakan Papa yang tak mengerti?

Pendeknya, Papa terdengar bangga sekali anaknya masuk koran. Dia juga senang teman lamanya, yang sudah lama tak berhubungan, tiba-tiba menelepon dari Surabaya ketika mengetahui anak kecil yang dulu sering ikut papanya itu, hari ini mlebu neng koran.

Buat aku, tak ada yang istimewa masuk koran. Namanya juga wartawan. Nama kami biasa saja muncul di media. Tapi ini sebuah kebanggaan untuk Papa. Nama anaknya masuk suratkabar, yang dibaca teman-teman dan tetangga, membuatnya bangga. Aku tentu ikut senang. Aku bukan anak yang mampu memberi uang atau fasilitas lain kepada orang tuaku. Malah terkadang pinjam duit darinya. Namun kesenangan kecil macam begini, tentu juga, menyenangkan aku juga.

Peserta Narasi Angkatan II


Kami mulai kelas Narasi angkatan kedua di Pantau minggu ini. Aku cukup terpesona dengan keragaman para pesertanya serta kuatnya latar belakang pendidikan mereka. Ada dua orang master dari studi lanjut di Belanda serta satu master dari Perancis. Masih ada juga beberapa master lulusan Universitas Indonesia di Jakarta. Ada yang bekerja sebagai wartawan. Namun ada juga yang kerja sebagai fotografer, aktivis lingkungan, pekerja NGO dan sebagainya.

Ada yang sudah berkeluarga, banyak pula yang masih bujangan. Jumlah perempuan juga sangat membesarkan hati. Biasanya, bila berhadapan dengan kelas wartawan, aku kebanyakan menghadapi laki-laki. Mungkin ia cermin dari dominasi laki-laki dalam dunia kewartawanan. Namun kelas Narasi ini bukan hanya wartawan. Bahkan wartawan bukan mayoritas disini. Mungkin ini yang mengakibatkannya menarik cukup banyak peserta perempuan.

Sebagian sudah punya blog. Sebagian lagi ingin bikin blog. Saat perkenalan, aduh aku merasa bersemangat melihat keragaman ini. Budi "Buset" Setiyono, rekan mengajar kursus ini, juga bilang terkesan dengan keragamannya. Pada angkatan pertama, kamu mendapati peserta yang dokter anak, produser film dan pengacara. Kini juga tak kalah menarik keragamannya.

Mereka terdiri dari Algooth Putranto (wartawan harian Bisnis Indonesia), Ambri Rahayu (aktivis Greenpeace), Budi Afrian (wartawan Trans TV), Farah Amini (komunikasi sebuah NGO yang dapat grant dari USAID), Hagi Hagoromo (redaktur majalah sepakbola Four Four Two), M. Husen Hamidy (redaktur opini harian Media Indonesia), John Muhammad (arsitek dan aktivis Komite Solidaritas untuk Munir), Kiagus Amir (alumnus Universitas Gadjah Mada, kini kerja di pelabuhan Tanjung Priok), Kiki Kurnia Debora (fotographer), Leila Mona (trainer komunikasi publik), Mellyana Frederika Silalahi (penyiar radio serta kerja untuk sebuah NGO), Nenden Novianti Fathiastuti (reporter sebuah situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono), Nurul Hilaliyah (bekerja di sebuah proyek UNDP di Gedung Parlemen), Prodita Kusuma Sabarini (reporter harian The Jakarta Post), Roysepta Abimanyu (aktivis Inbox Indonesia), Sely Martini (aktivis Indonesia Corruption Watch), Siti Maemunah (aktivis Jaringan Advokasi Tambang) serta Herni Sri Nurbayanti (Pusat Studi Hukum dan Konstitusi).

Kami juga mulai tahu keinginan masing-masing peserta. Nenden sejak awal bilang dia ingin menulis sesuatu tentang Kuba. Nenden kagum pada Che Guevara. Kiagus Amir, yang dulu mengerjakan skripsinya tentang Gerakan Acheh Merdeka dan Hasan di Tiro, lagi berpikir untuk menambah risetnya dengan bahan-bahan dari Eropa. Amir ingin menjadikannya sebuah buku. Siti Maemunah berpikir soal isu pertambangan.

Mudah-mudahan sesudah lima bulan berjalan, mereka bisa mendapatkan teori maupun praktek menulis narasi. Buset akan fokus pada praktek. Aku akan lebih banyak memberikan teori. Aku ingin sekali menciptakan suasana informal, banyak membaca, diskusi rutin dan praktek menulis bagian demi bagian. Buset sendiri makin matang gaya penulisannya ketika bikin kata pengantar buat buku puisi A.S. Dharta dari Lembaga Kebudayaan Rakyat.

Wednesday, May 09, 2007

Struktur Federasi Indonesia


Sejak jadi reporter kurcaci pada 1991, saya sering mewawancarai Rahman Tolleng dari Forum Demokrasi. Isunya macam-macam tapi selalu soal politik. Saya perhatikan banyak sekali ramalam dan analisis dia benar. Lama-kelamaan saya dekat dengan "Pak Rahman" maupun kawan-kawannya: Abdurrahman Wahid, Marsillam Simanjuntak dll.

Rahman orang Bugis yang kuliah di Bandung pada 1960an. Dia mulai terlibat gerakan mahasiswa dengan jadi pemimpin redaksi mingguan Mahasiswa Indonesia Jawa Barat. Pada 1968, ketika Soekarno tumbang dari kediktatorannya, Rahman termasuk mahasiswa yang mau berjuang "dari dalam" tubuh Golongan Karya. Dia jadi anggota parlemen serta jadi editor harian Golkar Suara Karya. Namun dia tak tahan dengan fasisme Orde Baru. Dia akhirnya dipenjara tanpa pengadilan pada 1974.

Ketika bebas, Rahman memutuskan kerja sebagai editor buku di Grafiti Pers. Dia banyak menerbitkan buku-buku bermutu. Orangnya teliti. Buku-buku pilihannya bagus-bagus. Terjemahan juga tak macam terjemahan hari ini yang sangat buruk. Kegemarannya yang unik adalah mengumpulkan kliping-kliping.

Dia dianggap orang Partai Sosialis Indonesia. Dia pernah dekat dengan Sutan Sjahrir maupun Soemitro Djojohadikusumo, dua tokoh PSI. Sjahrir bekas perdana menteri dan politikus yang menganjurkan diplomasi dengan Belanda. Seteru Sjahrir adalah Tan Malaka, yang menganjurkan jalur "perjuangan" atau militer, dalam program "Merdeka 100%." Djojohadikusumo seorang ekonom yang terlibat "pemberontakan" Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia di Sumatra dan Sulawesi.

Terkadang "Pak Rahman" agak berlebihan hati-hati. Tapi saya bisa mengerti mengingat pengalaman pahitnya. Pada 1990an, dia mendirikan Forum Demokrasi bersama Abdurrahman Wahid, Marsillam Simandjuntak, Goenawan Mohamad dan sebagainya.

Rahman Tolleng sering bicara Pancasila sebagai "kompromi politik" --tak perlu diteruskan kesalahpahaman Pancasila sebagai ideologi. Pancasila hanya kompromi pada 1945 antara kubu Islam, yang ingin mendirikan negara Islam berdasarkan syariah Islam, dan kubu sekuler, yang ingin memisahkan agama dan negara. Artinya, Indonesia dan Islam juga terpisah, negara tak perlu campur tangan urusan agama, sebaliknya, agama juga tak ikut dalam hukum dan aturan negara.

Belakangan ini, ketika saya banyak wawancara soal buku saya, Rahman Tolleng beberapa kali mengatakan bahwa Belanda sebenarnya lebih mengerti soal pembagian administrasi kepulauan ini daripada para pemimpin Indonesia. Logikanya, studi tentang berbagai aspek budaya, politik dan sebagainya, di Pulau Jawa, Sumatra, Bali dan sebagainya, tentu saja, dikerjakan lebih banyak dan lebih serius oleh orang Belanda daripada para Indonesia.

Banyak ahli Belanda di Universitas Leiden menulis dan mempelajari mulai dari menterjemahkan Nagarakrtagama karya Prapanca, dari bahasa Kawi ke bahasa Belanda, hingga bikin buku mutakhir soal communal violence pasca-Suharto. Ini artinya, dia merasa perlu melihat struktur yang dulu diusulkan Belanda sebagai struktur administrasi Indonesia.

"Tidak bisa main bagi-bagi gitu saja," katanya.

Ini penting mengingat sejak merdeka pada 1945, Indonesia tak pernah lepas dari "pemberontakan" terhadap negara ini. Mulai dari Sabang sampai Merauke, selalu ada gerakan tidak puas dengan pembagian kekuasaan dan pemerintahan di Indonesia. Tentara Indonesia tugasnya cuma, sekali lagi, cuma melawan warga Indonesia.

Struktur yang dulu dirundingkan dengan Belanda adalah Republik Indonesia Serikat, disingkat RIS, sebagai suatu negara federasi yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepakatan tiga pihak dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag: Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda. Jangan salah, BFO ini diwakili oleh orang-orang kulit coklat juga. Ketuanya adalah Sultan Hamid II dari Pontianak yang terpilih dalam konferensi federal di Bandung pada Mei 1948.

Kesepakatan Den Haag ini perlu dipelajari karena jangan-jangan lebih mencerminkan nilai-nilai budaya dan adat dari berbagai kelompok etnik dan struktur masyarakat yang ada di Indonesia. Perundingan Den Haag ini disaksikan juga oleh United Nations Commission for Indonesia.

Hasilnya, RIS terdiri tujuh negara bagian:
  • Republik Indonesia (ibukotanya Jogjakarta)
  • Negara Indonesia Timur (Makassar)
  • Negara Pasundan (Bandung)
  • Negara Jawa Timur (Surabaya namun didirikan di Bondowoso)
  • Negara Madura
  • Negara Sumatra Timur (Medan)
  • Negara Sumatra Selatan
Di samping itu, ada juga negara-negara yang berdiri sendiri dan tak tergabung dalam RIS namun duduk dalam BFO (selaku lembaga permusyawaratan). Struktur ini kepalanya adalah Ratu Belanda. Ia semacam commonwealth. Ini mirip negara-negara bekas jajahan Inggris. Mereka sudah merdeka --macam India, Malaysia dan lain-lain-- namun masih punya lembaga persekutuan dengan London. Ini simbolis saja. Struktur ini dianggap bisa mengimbangi daerah-daerah yang relatif kecil ini dari negara-negara bagian yang jauh lebih besar atau besar penduduknya.
  • Jawa Tengah
  • Kalimantan Barat (Pontianak)
  • Dayak Besar
  • Daerah Banjar
  • Kalimantan Tenggara
  • Kalimantan Timur (tidak temasuk bekas wilayah Kesultanan Pasir)
  • Bangka
  • Belitung
  • Riau
Republik Indonesia Serikat memiliki konstitusi yaitu Konstitusi RIS. Piagam Konstitusi RIS ditandatangani oleh para pemimpin negara bagian dan daerah dari total 16 teritori:
  • Mr. Susanto Tirtoprodjo dari Negara Republik Indonesia menurut perjanjian Renville
  • Sultan Hamid II dari Daerah Istimewa Kalimantan Barat
  • Ide Anak Agoeng Gde Agoeng dari Negara Indonesia Timur
  • R.A.A. Tjakraningrat dari Negara Madura
  • Mohammad Hanafiah dari Daerah Banjar
  • Mohammad Jusuf Rasidi dari Bangka
  • K.A. Mohammad Jusuf dari Belitung
  • Muhran bin Haji Ali dari Dayak Besar
  • Dr. R.V. Sudjito dari Jawa Tengah
  • Raden Soedarmo dari Negara Jawa Timur
  • M. Jamani dari Kalimantan Tenggara
  • A.P. Sosronegoro dari Kalimantan Timur
  • Mr. Djumhana Wiriatmadja dari Negara Pasundan
  • Radja Mohammad dari Riau
  • Abdul Malik dari Negara Sumatra Selatan
  • Radja Kaliamsyah Sinaga dari Negara Sumatra Timur
Struktur ini dibubarkan pada 17 Agustus 1950. Umurnya cuma tujuh bulan. Konstitusinya, yang dibuat dengan detail dan sangat melindungi hak asasi manusia, secara sederhana diubah jadi UUD Sementara 1950, yang dijadikan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Struktur NKRI ini sangat terpusat pada Jakarta. Ini jadi lebih terpusat lagi ketika pada Juli 1959, Presiden NKRI Soekarno membubarkan parlemen dan konstituante serta memakai lagi UUD 1945. Konstitusi 1945 ini notorious tak melindungi hak asasi manusia.

Jenderal Soeharto memanfaatkan stuktur dan konstitusi ini selama tiga dasawarsa, menjadikan negara-negara bagian dan daerah-daerah itu jadi sangat tergantung proses pengambilan keputusan di Jakarta.

Pelanggaran hak asasi manusia dan penipuan prinsip-prinsip demokrasi di Indonesia juga termasuk salah satu yang paling parah dalam zaman modern. Hingga kini, struktur NKRI inilah yang dipakai di Indonesia.

Tuesday, May 08, 2007

Menjawab Rizqi Amelia


Saya jawab secara singkat saja ya. Ini permintaan kedua dari mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah minggu ini. Saya duga Anda sekelas dengan Shulman Rumaru yang juga mengirim pertanyaan kepada saya.

Apa perbedaan dan persamaan antara wartawan televisi dan wartawan media cetak?

Bedanya tentu pada unsur gambar. Wartawan cetak tak perlu memikirkan aspek gambar dari liputannya. Wartawan cetak juga tak perlu memikirkan "stand up" sehingga urusan penampilan juga kurang diperhatikan layak camera tidaknya.

Persamaannya, ya prinsip-prinsip kerjanya sama. Kalau mengacu pada pendidikan saya dulu di Amerika, ada pedoman yang disebut "Sembilan Elemen Jurnalisme." Kesembilan elemen ini harus diperhatikan oleh semua wartawan, baik televisi, radio, internet, cetak dan semuanya. Tujuan jurnalisme adalah menyajikan kebenaran kepada masyarakat. Esensi jurnalisme adalah verifikasi. Wartawan harus independen dari sumber-sumber mereka. Wartawan harus memantau kekuasaan.

Apakah ada persyaratan tertentu jika kita ingin menjadi seorang wartawan, selain masalah pendidikan?

Menurut Wendel "Sonny" Rawls, mantan redaktur pelaksana Atlanta Journal-Constitution, yang dianggap bertangan dingin dalam merekrut wartawan, syarat-syarat bila dia hendak mencari wartawan baik adalah mencari mereka yang bisa menulis dengan logis dan sastrawi. Orang-orang yang direkrut Sonny banyak yang akhirnya jadi wartawan terhormat, menang hadiah dan sebagainya.

Tentu saja, masih ada syarat lain, secara umum. Misalnya, kepribadiannya baik, mau berjuang tentang mana benar mana salah, bersedia hidup sederhana (wartawan tak mungkin jadi kaya dengan cara-cara jujur) serta sadar bahwa hidupnya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Banyak orang yang bilang untuk menjadi seorang wartawan itu secara fisik harus berpenampilan yang menarik. Apakah pernyataan ini benar dan bagaimana pendapat Anda?

Saya kira "menarik" itu luas sekali maknanya. Saya punya kenalan, namanya Farid Gaban, aduh sama sekali kumal, kurus, merokok terus, sehingga kemungkinan besar tidak menarik. Namun Farid jelas wartawan yang teguh. Saya merasa Farid orang yang menarik secara intelektual, walau tidak menarik secara fisik.

Goenawan Mohamad juga tidak menarik secara penampilannya. Rambutnya awut-awutan, jarang pakai jas dan dasi. Tapi Goenawan wartawan yang berhasil bukan? Seymour Hersh dari The New Yorker juga kumal namun siapa tak tahu bahwa Hersh yang membongkar kasus Guantanamo?

Mungkin penampilan "menarik" ini ada sedikit relevansinya dengan media televisi. Wartawan televisi khan tak diharapkan tampil macam pemadat gitu? Saya suka dengan penampilan pembawa acara Al Jazeera atau BBC. Namun juga tak harus dandan menor macam Metro TV, RCTI atau SCTV sedemikian rupa sehingga jas dan baju mereka didapatkan dari sponsor. Ini bisa kita lihat saat siaran berita berakhir dan biasanya ada sponsor busana di layar televisi-televisi ini. Wartawan televisi tentu harus rapi tanpa melibatkan diri mereka dalam komersialisasi busana. Saya kenal beberapa wartawan BBC dan Al Jazeera. Mereka tak pernah tuh dapat sponsor untuk busananya. Mereka beli sendiri.

Apakah setiap wartawan mendapat pelatihan khusus tentang jurnalistik dari tempat mereka bekerja atau tidak sama sekali?

Tergantung medianya. Ada yang kasih pelatihan, ada yang tidak. Ini juga tergantung pada lokasi. Kalau Anda direkrut di kota basis media tersebut, Anda lebih mudah kenal dengan para produser atau redakturnya. Anda lebih mudah ikut program pelatihan. Tapi kalau direkrut di kota yang jaraknya 4,000 km dari basis media tersebut, ya kemungkinan lebih kecil bisa ikutan program pelatihan.

Bagaimana cara Anda mendapatkan berita-berita yang bagus dan menarik?

Ini namanya bagaimana mendapatkan ide berita. Ini meminta kita memahami sedikit tentang imajinasi dari audiens yang dihadapi media kita. Audiens khayalan itulah yang harus kita ingat. Apa yang kira-kira mereka butuhkan agar bisa mengatur masyarakat mereka lebih baik? Masyakat butuh informasi agar mutu kehidupan mereka meningkat. Kalau kita bisa tahu kebutuhan peningkatan mutu masyarakat ini, maka kita akan lebih mudah mendapatkan ide beritanya.

Ini meminta kita melihat berita dari perspektif yang beda-beda. Teknisnya, ada yang disebut proximity (kedekatan isu), celebrity (ada tokoh atau tidak), skala berita (besar atau kecilnya), unsur kaget (kecelakaan), unsur kebaruan dan sebagainya.

Saya kira sekian dulu. Semoga jawaban-jawaban ini berguna untuk tugas kuliah Anda di UIN Syarih Hidayatullah. Terima kasih.

Norman Operasi Mata

Saya mengucapkan terima kasih untuk perhatian dan masukan dari rekan-rekan yang mengikuti perkembangan operasi mata anak saya, Norman Harsono, Rabu lalu di Departemen Ilmu Penyakit Mata RS Tjipto Mangoenkoesoemo di Jakarta.

Operasi berjalan singkat, sekitar 30 menit, dengan bius lokal. Norman masuk ke ruang operasi sendirian. Tangannya harus diikat agar tak membahayakan operasi. Namanya juga mata. Ibunya, Retno Wardani, tak boleh ikut masuk. Hanya Norman bilang belakangan sekitar matanya disuntik dua tempat. "It was like biten by ants," katanya. Dokter lantas memotong bisul di pelupuk mata kirinya. Dia bilang sempat menangis kecil, takut.

Maklum, walau bius lokal, namun kesadarannya penuh dan dia bisa melihat semua kejadian di ruang operasi. Retno bilang dokter dan perawat bekerja profesional. Retno cukup terkesan dengan kebersihan ruang penyakit mata.

Kami memeriksakan penyakit ini kepada empat dokter mata dan satu dokter umum. Semuanya sama, diagnosanya "hondeolum" atau bisul. Dalam Bahasa Jawa, kami menyebutnya "bintilan" atau "timbilan." Intinya, ada infeksi yang kurang dirawat lalu bengkak. Ini bekas main pukul-pukulan dengan temannya di sekolah. Bengkaknya sebesar kacang kedele.

Kami mulai mencari diagnosa ini mula-mula di Jakarta Eye Center, lalu second opinion di RS Mata Prof. Isak Salim "Aini" di Kuningan, lalu dr. Sumarini Markum (praktek pribadi) di Jl. Gereja Theresia, ketika lukanya meletus, dan terakhir RS Tjipto. Dokter umumnya adalah dr. Andreas Liando dari RS Siloam Gleneagles guna memeriksa kesehatan Norman (darah, jantung) apakah dia bisa menerima anestesi lokal. Dokter ini biasa memeriksa Norman sejak Norman umur dua tahun.

Ingat rumah sakit Tjipto, selalu terbayang almarhum dokter Tjipto, yang ikut mendirikan Indische Partij dan menganjurkan bahasa administrasi dan pendidikan di Jawa memakai bahasa Belanda. Dokter Tjipto berpendapat bahasa Jawa kurang mampu mengikuti perkembangan teknologi dan modernitas. Dia dibuang ke Banda Neira sebelum kedatangan Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir.

Sapariah dan saya mulai merawat pasca operasi hari Kamis. Kami memberikan obat di pelupuk matanya agar lukanya cepat sembuh dan kalau bisa tanpa meninggalkan bekas. Kami juga belikan dia hadiah komik Asterix di Swiss (versi Inggris). Perasaannya senang. Ini membantu proses penyembuhan.

Senin kemarin, Norman kembali masuk sekolah sesudah seminggu absen. Hari ini, saya lihat lukanya sudah mengempis. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih untuk perhatian Anda semua. Kami tentu lebih berhati-hati menjaga "kenakalan" Norman dalam berantem dengan teman-temannya.