Wednesday, December 26, 2007

Mug Jurnalisme


Saya lagi bantu Yayasan Pantau cari dana dengan menjual mug bertema jurnalisme. Ada 500 buah, warna merah dan hitam, dengan kutipan guru wartawan Bill Kovach, "Journalism is the closest thing I have to a religion."

Saya pernah jadi murid Kovach di Universitas Harvard. Biasanya, Kovach mengucapkan kalimat ini sambil duduk santai di kelas, suara berat parau, mengatakan, “Journalism is the closest thing I have to a religion, because I believe deeply in the role and responsibility the journalists have to the people of a self-governing community.

Disain mug ini dibuat oleh Sandy Pauling, seorang mahasiswa Universitas Bina Nusantara di Jakarta. Pauling magang di rumah disain H2O. Vera Rosana, art director H2O, adalah orang yang sering menggarap disain Pantau. Beberapa blogger ikut memberi masukan soal pilihan warna dan font mug. Saya berterima kasih pada masukan ini semua.

Kovach setuju kutipan ini kami pakai untuk fund raising Yayasan Pantau. Kovach sendiri adalah mantan kurator Nieman Foundation on Journalism di Universitas Harvard. Dia juga menulis buku The Elements of Journalism bersama Tom Rosenstiel, yang sudah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa, termasuk versi Indonesia.

Kini dia pensiun dan tinggal bersama isterinya, Lynne, di Washington DC. Kovach beberapa kali disebut sebagai "hati nurani" jurnalisme di Amerika Serikat. Pantau mengundangnya ke Medan, Jakarta, Jogjakarta, Bali dan Surabaya pada Desember 2003.


Yayasan Pantau sebuah organisasi nirlaba, bergerak di bidang jurnalisme, bekerja dari Jakarta, Banda Aceh dan Ende, Pulau Flores. Ia rutin bikin pelatihan wartawan, penerbitan feature service, penerbitan buku serta pemberdayaan media.

Kalau Anda berminat memiliki mug ini, silahkan menghubungi rekan Khoiruddien dari Yayasan Pantau 021-7221031 atau 0815-74755448. Harganya Rp 20,000 per buah. Bila enam buah atau lebih seharga Rp 18,000. Harga ini di luar ongkos kirim. Pantau bisa mengirimkan langsung untuk pembeli di kota Jakarta. Mug ini buatan M&S Andante, stoneware, dishwater safe, microwaveable.

3 comments:

Adi said...

*langsung SMS*

Astri Kusuma said...

Pak Andreas, saya mau pesan mugnya ya :) InsyaAllah awal januari saya akan telp ke nomor yang bapak sebutkan di tulisan ini.

Btw, buku Jurnalisme Sastrawi apakah sudah ada lagi Pak?

terimakasih :)

astri

Andreas Harsono said...

Dear Adi dan Astri,

Terima kasih untuk perhatiannya. Mas Udin dan Kak Tinti akan mengurus dari kantor Pantau. Khusus untuk Astri, saya diberitahu kantor kalau edisi pertama sudah habis. Mereka tak bisa mengeluarkan sisa 10 eksemplar terakhir. Ini untuk perpustakaan kantor. Saya akan kirimi edisi kedua (dan revisi). Ia akan keluar kira-kira bulan April.