Monday, February 26, 2007

Dimanakah buku2 saya?

Saya lagi mulai mengatur rak buku saya, membaginya berdasarkan kriteria dalam pembuatan bab demi bab dalam buku From Sabang to Merauke: Debunking the Myth of Indonesian Nationalism. Ada bab soal Aceh. Ada bab soal Borneo. Ada soal Jawa. Ada juga sub bab soal rasialisme anti-Cina di Indonesia. Ada juga soal Papua, Timor Leste dan seterusnya. Lemari buku saya juga punya bagian khusus teori ilmu politik, nasionalisme, globalisasi, upaya perdamaian dan sebagainya.

Saya jadi sadar malam ini bahwa ada beberapa buku yang dipinjam orang belum kembali. Misalnya, buku "Wars Within" karya Janet Steele atau "The Elements of Journalism" karya Bill Kovach dan Tom Rosenstiel atau "Imagined Communities" karya Benedict Anderson. Ada juga buku soal batik encim yang berisi gambar-gambar pengaruh Cina dalam motif batik di Pulau Jawa. Atau ada juga buku disain suratkabar. Ada buku Sterling Seagraves soal overseas Chinese di Pacific (terjemahannya Hamid Basyaib).

Buku Steele dan Kovach bahkan ada tandatangan saat peluncurannya. Saya sayang sekali pada buku-buku itu. Saya juga kehilangan buku "The New Journalism" karya Tom Wolfe. Ada juga buku "Sebongkah Emas di Kaki Langit" karya Bondan Winarno. Ini buku penting yang sulit didapatkan di pasar mengingat buku ini sempat ditarik dari peredaran karena gugatan pencemaran nama baik.

Walau tak saya perlukan langsung, ada juga buku karya Bob Woodward tentang Perang Irak. Ada buku Seymour Hersh tentang John F. Kenndey. Saya memang tak mencatat satu demi satu para peminjam buku itu. Saya ingat ada beberapa mahasiswa meminjam buku untuk pembuatan skripsi. Ada juga rekan wartawan untuk referensi atau bacaan. Entah berapa judul lagi yang saya keluarkan dari perpustakaan kecil saya.

Lewat surat terbuka ini, saya mau memberitahu bahwa saya membutuhkan buku-buku itu. Saya mohon bantuan Anda yang meminjam, bisakah dikembalikan? Atau kalau masih dibutuhkan, tolong kontak saya untuk dicatat, kapan bisa dikembalikan?

Saya kini membutuhkan sebagian besar buku itu dan sekaligus hendak merapikan perpustakaan saya. Awal bulan depan, saya akan mulai masuk periode membaca buku dan mencatat lagi. Mudah-mudahan dalam enam bulan lagi, penulisan buku saya selesai. Terima kasih sebelumnya.

3 comments:

arifkurniawan said...

Sumpah, bukan saya yang minjem!

hehehe

dz. said...

juga bukan saya yang minjam, mas:)

"Sebongkah Emas di Kaki Langit" karya Bondan Winarno itu tentang Bre-X? jika benar, langsung hubungi pak bondan saja. saya dengar ia masih menyimpan beberapa buku di rumahnya (saya salah satu yg membeli langsung kpd-nya, by email, transfer 50rb-an).

tapi, saya menghubungi pak bondan pada 4 agustus 2006 (semoga info ini belum kadaluwarsa sekarang).

Andreas Harsono said...

Dh,

Terima kasih untuk masukannya. Buku Bondan Winarno sudah dikembalikan oleh peminjamnya. Pesan di blog ini ternyata cukup berhasil. Ada beberapa buku kembali. Namun lebih banyak yang belum kembali.