Thursday, September 01, 2005

Prabulih dan Blogger

Blog atau kependekan dari weblog, sebuah istilah yang diperkenalkan oleh John Barger pada akhir tahun 1997, merujuk pada kelompok website pribadi yang selalu di up-date secara kontinyu.

Pengelolaannya yang cepat, sederhana dan murah. Yang terakhir karena umumnya blog adalah fasilitas gratisan. Para pengguna blog atau disebut blogger, tidak hanya berasal dari praktisi media. Bisa juga orang-orang biasa seperti mahasiswa, penulis, wiraswastawan. Bahkan beberapa bukan orang biasa sama sekali, seperti kandidat presiden AS John Kerry memilih ber-blog ketimbang website (www.blog.johnkerry.com).

Dengan demikian sudah tentu, muatan yang terdapat pada blog sangatlah warna-warni. Yang paling sederhana adalah sebuah catatan harian atau catatan perjalanan. Andreas Harsono, seorang prkatisi media menjadikan halaman blognya sebagai hardisk maya untuk kumpulan catatannya atau opini yang ia tulis (www.andreasharsono.blogspot.com). Beberapa komunitas juga memilih blog sebagai media kampanye tentang keberadaan mereka.

Maka tidak perlu heran jika blog digilai dan jutaan orang. Pertumbuhannya luar biasa. Dan menyeruak dari tengah dominasi media yang sudah mapan, tentu saja menarik. Fenomena ini membuat majalah Times menyematkan gelar MEN OF THE YEAR kepada BLOGGERS pada tahun 2004.

Essensinya ber-blog adalah ber-komunikasi. Blog juga media berkomunitas di era budaya digital. Makanya sebuah blog seringkali menampilkan link berupa alamat blog kerabat atau sahabat seorang blogger. Tapi blog tidak selalu mengekspresikan persahabatan, seringkali menampilkan ekspresi permusuhan. Hal itu dapat terbaca dari opini yang diposting pada halaman blog atau tercatat dikomentar para pengunjung.

Tentang blog dusunlaman sendiri, lebih dimaksudkan untuk memfasilitasi kebutuhan informasi dengan cara berbagi kabar dalam bentuk tulisan bagi sesama orang-orang prabumulih. Diawali oleh sedikitnya info tentang prabumulih yang bisa diakses di cyber. Beberapa situs cyber seperti milik media massa di sumsel sumatera ekspress dan sriwijaya post, tentu tidak bisa memberikan porsi yang banyak tentang prabumulih. Tentu saja, karena pemberitaan media ini lebih melingkupi propinsi sumatera selatan. Sementara itu situs milik pemerintah kota prabumulih yang beralamat di www.kotaprabumulih.go.id tentu lebih mengedepankan informasi seputar program pemerintah.

Setelah ditelusuri ternyata banyak juga blogger asal prabumulih, yang sedikit banyak memberikan catatan-catatan pribadi tentang prabumulih. Setidaknya kita bisa lihat dari beberapa alamat berikut:

www.brotherhoodtsel.blog.com
Blog bernama Sumsel Legend ini dikelola oleh Atharis Sultan Prayoe, seorang perantau asal prabumulih yang berdomisili di surabaya. Aktivitas sehari-hari Papa Athar adalah seorang praktisi telekomunikasi di TELKOMSEL. Meski demikian informasi yang disajikan tidak melulu tentang kabel dan pulsa. Atharis juga menulis catatan masa kecilnya dan puisi-puisi yang bagus di sana.

www.nikiwisa.blogspot.com
Pengelola blog ini bernama Wisa Restoto dan mengaku sebagai pengamat sekitar. Dusunlaman pernah mengunjunginya di salah satu mess di kompleks Pertamina. Wisa adalah praktisi perminyakan yang merantau dari Jawa. Meski demikian beberapa tulisannya tentang prabumulih demikian hidup.

www.blog.wonkito.info
blog.wonkito.info dinamai refresh my mind in blog adalah blog yang dikelola olhe frozi. Seorang perantau asal daerah penukal [antara pendopo dan prabumulih] yang sekarang berdomisili di Jakarta. Sejauh penelusuran dusunlaman, Frozi adalah praktisi di bidang internet. Tepatnya web-designer. Selain mengelola blog, frozi juga membuka situs pribadinya yang lebih kompleks dengan alamat www.wonkito.info.

Site www.wonkito.info menarik. Salut untuk Frozi. Terutama karena tampilannya yang simple dan eye-catching. Sedangkan tujuan site ini dibuka, frozi menjelaskan seperti ini, “Site ini dibuat untuk tujuan pribadi sebagai media belajar bagaimana cara mendesain web, sedangkan desain dan isi sesuai dengan isi hati dan apa keperluan dari pembuat... Kalo pengunjung tidak berkenan, gak usah ambil pusing tinggal klik tanda X dipojok kanan atas”

www.mentaree.blogspot.com
Blogger yang mengelola blog ini adalah Yuni Ambarwati. Di dusunlaman ia beberapa kali menulis dengan topik pendidikan. Blog milik yuni belum diformat secara khusus, dan tampaknya Yuni memang mensengajakan blognya sebagai media catatan pribdai.

Ada beberapa blogger lain yang juga mencatatkan prabumulih pada blognya. Blog milik Firman (http://pribadi.or.id) juga amat kaya dan infonya beragam. Dengan adanya blog-blog ini, setidaknya membantu dalam pemenuhan kebutuhan informasi dan nostalgia.

Sumber
From: syam a-radjam
To: intiPrabumulih grup ; rumbadi dalle ; arwan pawar ; sripo 1 ; samsulhidayah sripo ; wisa bloger ; media care ; group pantau ; milist jurnalist ; laili monika ; idar okt ; idar oktarina ; smp1 pbm
Sent: Thursday, September 01, 2005 4:07 PM

4 comments:

Clickbank Mall said...

Ich war Aussehen für Dies. Metalldetektoren

Aber ich stimme überein, dass Sie sehr gutes Bloggen Talent haben

Keluh Kesah said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Keluh Kesah said...

maksud judulnya prabumulih kali ya... (masih bisa diedit kan?) tapi memang jadi bikin penasaran untuk membacanya ;-)

awan said...

alhamdulillah... idak sengajo iseng iseng masukin keyword "prabumulih" di google.com muncul info ini ( ^ _ ^ ) makasih banyak

awan
awanalbana.multiply.com