Friday, February 23, 2024

Forum Berbagi buat Penyintas Perundungan Busana Perempuan

Beberapa anggota Forum Berbagi dalam demonstrasi Jakarta 2023.

Forum Berbagi adalah group buat para penyintas perundungan busana. Ia bertemu online, minimal sebulan sekali, saling berbagi dan saling bantu, secara sosial, psikologis juga finansial. Ia rutin diadakan setidaknya setiap Jumat malam terakhir. 

Acara Forum Berbagi tak direkam, difoto atau dikutip kecuali ada izin dari pribadi bersangkutan. Ia dimulai pada Maret 2021 sesaat sesudah tiga menteri bikin surat keputusan bersama buat melarang pemaksaan jilbab di sekolah-sekolah negeri. Namun aturan tersebut dicabut Mahkamah Agung pada Mei 2021. 

Menurut Komnas Perempuan, setidaknya ada 73 aturan wajib jilbab di seluruh Indonesia per Agustus 2023. Mereka sudah minta Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama agar meninjau ulang berbagai aturan diskriminatif tersebut. 

Hingga kini sudah lebih dari, 1,500 orang berbagi dalam Forum Berbagi, mulai dari ibu dan ayah yang mengeluh dengan kelakuan para guru terhadap putri-putri mereka sampai perempuan muda yang mencoba bunuh diri.

Ada empat orang yang memberikan waktu buat merintis Forum Berbagi: Andreas Harsono (Jakarta, peneliti hak asasi manusia), Anis Hidayah (Depok, pembela hak buruh migran), Ifa H. Misbach (Bandung, psikolog) dan Suzanna Eddyono (Yogyakarta, sosiolog). 


No comments: