Friday, December 13, 2013

Pameran Kostrad di Jember


SELAMA seminggu Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) bikin pameran alat-alat perang di Alun-alun Jember. Mulai dari senapan semi-otomatis sampai tank. Banyak orang lihat. Pameran terletak dekat rumah keluarga saya sehingga setiap pagi, ketika jalan kaki dan olahraga, saya ambil gambar-gambar.

Lumayan buat mengetahui perlengkapan militer, dari senapan sampai alat kedokteran, serta kesatuan-kesatuan Kostrad di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Agak ngeri juga lihat banyak pengunjung ingin merekam diri mereka dengan memegang senjata semi-otomatis. Ada juga stand yang menunjukkan "prestasi" mereka di Aceh, Timor Timur maupun Papua, lengkap dengan gambar-gambar orang yang mereka bunuh.

Pameran Kostrad diadakan di jalan depan kantor Pemerintah Kabupaten Jember 13-17 Desember 2013.
Semua senjata dalam pameran ini datang dari Divisi Infanteri 2/Kostrad dengan markas di Jl. Raya Malang - Surabaya, tepatnya berada di Singosari, dekat Malang. Divisi ini semua pasukannya terletak di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Mereka termasuk beberapa brigade infanteri maupun resimen artileri. Brigade infanteri setara dengan resimen artileri. Masing-masing mereka terdiri dari tiga batalyon. Bedanya, infanteri lebih pada prajurit individu bersenjata sedang artileri lebih pada persenjataan besar, termasuk meriam dan tank:
Grenade Launching Machine (GLM) dan Senjata Serbu (SS-2) buatan PT Pindad Bandung. Ini senjata yang praktis dimiliki setiap batalyon. Ada beberapa tipe  GLM dan SS. Jarak tembak SS sekitar 400 meter.
Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Trisula di Jabung, Malang
  1. Yonif Linud 501/Bajra Yudha di Madiun
  2. Yonif Linud 502/Ujwala Yudha di Jabung, Malang
  3. Yonif Linud 503/Mayangkara di Mojosari, Mojokerto
Brigade Infanteri 6/Trisakti Baladaya di Mojolaban, Sukoharjo
  1. Yonif 411/Pendawa di Salatiga
  2. Yonif 412/Raider di Purworejo
  3. Yonif 413/Bremoro di Sukoharjo
Brigade Infanteri 9/Dharaka Yudha
  1. Yonif 509/Dharma Yudha di Jember
  2. Yonif 514/Sabadda Yudha di Bondowoso
  3. Yonif 515/Ugra Tapa Yudha di Tanggul, Jember
Resimen Artileri Medan 1
  1. Yon Armed 8/76 Uddhata di Sukorejo, Jember
  2. Yon Armed 11/76 Guntur Geni di Magelang
  3. Yon Armed 12/76 di Jrubong, Ngawi
Seorang remaja bergaya dengan senapan milik Yon Armed 8 Kostrad di Jember. Setiap datang ke pameran, tentu saja, gaya begini dilakukan pengunjung.
Senjata semi-otomatis M-16 kaliber 5.56 mm buatan Amerika Serikat sejak 1962. Ini termasuk senjata yang disukai tentara Indonesia karena jatuhnya selongsong peluru rapi, tidak terpelanting kemana-mana. Jarak tembak sekitar 500 meter.  
Batalyon Lintas Udara 501 ikut pameran. Mereka bermarkas di Madiun. Lintas Udara berarti mereka bisa diterjunkan dengan parasut. Dalam pameran mereka juga memajang berbagai parasut. 
Berbagai senjata dari Yon Linud 501 Madiun. Mereka punya senjata Steyr buat sniper (paling belakang) buatan Austria. Laras panjang berarti jalannya peluru lebih stabil. Ia kemungkinan kaliber 0.308. 
Senjata sniper jarak jauh Steyr maupun Minimi buatan Belgia (tengah) plus senjata mesin ringan (depan) buatan Amerika Serikat. Minimi dan SMR bisa buat menembak berondongan. Sekali tembak bisa keluar empat peluruh sekaligus. 
Alat-alat kedokteran buat darurat. Ada alat buat ukur denyut jantung. Gunting berbagai ukuran. Peralatan ini khas buat terutama luka luar entah karena luka jatuh, tembakan atau luka bacok. 
Yon Arhanudri 2 (Batalyon Artileri Pertahanan Udara Ringan) dari Malang sebagai penangkis serangan udara.
Tank Alvis buatan Inggris. Ia biasa disebut sebagai Scorpion 90. Meriam ukuran 90 mm dengan jarak tembak sekitar 2 km. Sekarang nama Alvis diganti jadi BAE Systems Land Systems, pabrik tetap di Coventry.
Seorang anak sedang bergaya depan senjata sniper laras panjang Steyr buatan Austria. Jarak tembak bisa sampai 1,500 meter. Ia tentu dilengkapi dengan teropong. 
Alvis Stormer milik Kompi Kavaleri Intai Divisi Infanteri 2 Kostrad dengan lokasi Jabung, Malang. Alvis Stormer adalah pengembangan dari tank Scorpion.
Senjata mortir buatan Amerika Serikat: MO 81 serta MO 60 LR. Mortar dipakai sebagai senjata bantuan infanteri. 


No comments: