Tuesday, May 29, 2012

Kursus Jurnalisme Sastrawi

Angkatan XX
Jakarta, 2 – 14 Juli 2012


Hari ini hampir tak ada warga yang mendapatkan breaking news dari suratkabar. Mereka mendapatkannya dari televisi, radio, sms, telepon atau internet. Tantangannya, bagaimana cara menulis panjang?

Inilah pentingnya The New Journalism. Ia mengawinkan disiplin keras jurnalisme dengan daya pikat sastra. Ibarat novel tapi faktual. Gerakan ini dimunculkan Tom Wolfe pada 1973 di New York.

Pantau mulai menawarkan genre ini tahun 2001 bersama duet Janet Steele dan Andreas Harsono. Ia diadakan dua minggu, setiap Senin, Rabu dan Jumat. Kini angkatan XX. Peserta maksimal 16 orang. Setiap sesi 90-menit diformat serius namun santai. Peserta bisa berdiskusi langsung.

Peserta biasanya datang dari berbagai kota, dari Banda Aceh hingga Jayapura, dari Pontianak hingga Kuching, dari Ende hingga Kupang. Alumninya, terus bermunculan. Ada yang menulis buku. Ada yang jadi pemimpin redaksi. Ada yang sekolah lanjut.

INSTRUKTUR

Janet Steele -- Profesor dari George Washington University, spesialisasi sejarah media, mengajar mata kuliah narrative journalism. Menulis buku The Sun Shines for All: Journalism and Ideology in the Life of Charles A. Dana dan Wars Within: The Story of Tempo, an Independent Magazine in Soeharto’s Indonesia. Juga menulis tentang jurnalisme di Timor Leste dan Malaysia.

Andreas Harsono -- Wartawan Yayasan Pantau, anggota International Consortium of Investigative Journalists, mendapatkan Nieman Fellowship di Universitas Harvard. Menyunting buku Jurnalisme Sastrawi: Antologi Liputan Mendalam dan Memikat dan menulis antologi 'Agama' Saya Adalah Jurnalisme.

PESERTA
Peserta adalah wartawan, atau orang yang biasa menulis untuk media maupun blog. Calon peserta diharapkan mengirim biodata dan contoh tulisan agar pengampu mengetahui tulisan peserta lebih awal.

BIAYA
Biaya Rp 3 juta termasuk buku dan materi kursus, sertifikat, coffe break dan makan siang.

Informasi hubungi
Siti Nurrofiqoh
Yayasan Pantau
Jl. Raya Kebayoran Lama 18-CD
Jakarta 12220
Tel. 021 7221031
Email siti_pantau@yahoo.com
Mobile +62 813 82460455

Silabus Kursus Jurnalisme Sastrawi XII
Cerita Oryza Ardyansyah soal Kursus Pantau

No comments: