Monday, December 24, 2012

Toko Matrix di Ratu Plaza


MULANYA biasa saja. Saya sering belanja di toko-toko kecil di Ratu Plaza, beli peralatan tambahan dari baterai sampai cover telepon. Ini kegemaran kecil saya bila punya uang: electronic gadget. Baru belakangan saya sadar bahwa salah satu toko kecil di Ratu Plaza, toko telepon Matrix, ternyata memiliki harga bersaing dan pelayanan bermutu.

Misalnya, bulan lalu isteri saya membeli sebuah cell phone Samsung Note II di satu toko besar di Senayan City. Harganya, Rp 7,499,000. Salesgirl mereka bilang ia sudah discount. Kemarin iseng-iseng saya cek di toko Matrix, ternyata mereka jual Samsung Note II dengan harga Rp 7,350,000. Selisih Rp 149,000.

Toko telepon cell di Ratu Plaza, Jalan Sudirman, Jakarta. Toko kecil namun harga bersaing serta pelayanan baik. Mereka punya stock lumayan banyak karena anggota dari satu jaringan toko telepon kecil-kecil. ©Andreas Harsono 



Kami juga beli Blackberry Curve Amstrong 9320 3G. Mulanya, isteri saya hendak beli di dealer resmi Blackberry di Plaza Fx, Senayan. Harga resmi mereka Rp 2,299,000 termasuk memory 2 Giga Byte. Namun mereka tak bersedia memindahkan data dari Blackberry lama ke Blackberry baru.

Isteri saya ragu-ragu. Alasannya beli Blackberry, semata-mata karena dia sudah punya banyak contact lewat Blackberry Messenger maupun nomor telepon. Seorang salesman mengatakan Blackberry lama, milik isteri saya, sudah susah dihidupkan. Saya duga mereka terlalu sibuk buat melayani keperluan teknis tersebut.

Saya pribadi tak menganjurkan orang pakai Blackberry. Ia sudah ketinggalan zaman. Harian New York Times pernah menerbitkan laporan, "The BlackBerry as Black Sheep." Blackberry kalah oleh I-Phone maupun berbagai macam telepon dengan teknologi Android buat Google, termasuk Samsung Galaxy. Saya pikir salesman ini tak tahu ancaman buat Blackberry.

"Sudah ketinggalan zaman masih jual mahal," pikir saya.

Tapi ini soal continuity. Isteri sudah terlanjur pakai Blackberry. Saya pun mengajak isteri beli ke toko Matrix. Toko kecil ini punya salesgirl yang ramah. Mereka sabar melayani keperluan transfer data: nomor telepon, gambar dst. Ternyata harga Blackberry di Matrix, dengan spesifikasi sama, hanya Rp 2,125,000 atau selisih Rp 174,000. Isteri saya tentu senang bisa dapat harga lebih murah dan semua contact dipindahkan. Kami menunggu satu jam buat transfer data. Memang lama tapi ini menyangkut ratusan nomor telepon dan ribuan gambar. Lumrah.

Saya rekomendasi toko Matrix. Selain harga bersaing, saya sudah tiga kali mendapatkan kenyataan bahwa pelayanan mereka dilakukan dengan sabar dan menyenangkan. Saya kira ia layak untuk jadi langganan semua kenalan saya.

No comments: