Monday, August 20, 2007

Roysepta Abimanyu soal Film Lekra


Bung Arya,

Saya bukan ahli sejarah, tapi saya ingat salah satu fakta yang membuat misteri 1 Oktober 1965 adalah adanya edisi Harian Rakjat yang bukan diterbitkan oleh surat kabar tersebut. Saya lupa, mungkin yang tanggal 3 Oktober itu. Jika ada yang di milis ini lebih tahu, silahkan menjelaskan pada kita semua.

Soal foto yang direproduksi dari film dokumenter yang dibuat oleh Des Alwi, terima kasih atas kirimannya. Saya sudah menguploadnya, untuk yang ingin melihatnya silahkan download dari Geopolitik.org. Namun saya tidak bisa berkomentar banyak. Tidak ada "damning evidence" dari foto tersebut yang menyatakan bahwa pembakaran itu benar-benar dilakukan oleh massa PKI. Tidak ada yang menunjukkan siapa pimpinan aksi pembakaran tersebut, siapa yang menyalakan api. Saya ingin menonton dokumenternya.

Tapi saya juga ingat, agen-agen Sekutu pernah memalsukan film dokumenter. Pada 25 Juni 1940, delegasi Prancis dipimpin Jenderal Huntziger menandatangani gencatan senjata (Armistice) di atas gerbong kereta yang sama sewaktu Jerman menandatangani gencatan senjata 22 tahun sebelumnya. Hitler hadir dalam peristiwa itu. Dalam dokumenter yang disebarluaskan di negara-negara sekutu, terlihat Hitler menari-nari. Tentunya tarian tersebut tidak pernah terjadi, kejadian tersebut benar-benar rekaan Sekutu. Saya tidak tahu apakah dokumenter tersebut adalah rekaman peristiwa sesungguhnya atau ilustrasi.

Salam,

Roysepta ABIMANYU
Geopolitik.org

No comments: